Efektivitas metode Qira’ati dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Miftahussa’adah Gondosari Gebog Kudus Tahun 2020/2021

Sya’diyyah, Noor Lailatus (2022) Efektivitas metode Qira’ati dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Miftahussa’adah Gondosari Gebog Kudus Tahun 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (485kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (348kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (586kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (718kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (452kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (506kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (419kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB)

Abstract

Al-Qur’an yaitukalamullah (kitab suci) mu’jizat terbesar dari Allah SWT yang di dialamnya terdapat petunjuk. Mu’jizat Al-Qur’an diturunkan melalui malaikat Jibril kemudian ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW yang di dalamnya terdapat sesuatu untuk mencapai keutuhan, keseimbangan dan kebahagaiaan hidup. Membaca Al-Qur’an menjadi hal yang sangat penting dalam menerapkan kaidah ilmu tajwid dan sesuai dengan makharijul huruf. Membaca Al-Qur’an mempunyai hukum fardhu ‘ain, sedangkan hukum mepelajari ilmu tajwid yakni fardhu kifayah. Dalam membaca Al-Qur’an terdapat beberapa aspek yang perlu dicapai untuk dapat membaca tartil dan fashih.Pondok pesantren telah melewati rentang waktu yang lama dan mampu bertahan hingga saat ini. Tak lain pesantren sebagai lembaga yang mempunyai suatu keunikan dan nyentrik dengan berbagai ke khas-annya, sehingga memiliki kapabilitas yang cukup cemerlang.Sistem pondok pesantren seperti pendidikan pada umumnya yang mempunyai suatu metode atau cara dalam menyampaikan sesuatu.Kaidah metode Qira’ati merupakan salah satu cara mempelajari Al-Qur’an atau cara membaca Al-Qur’an yang memasukkan bacaan tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.Terdapat petunjuk membaca pada setiap jiidnya dan santri yang tapi ustadzah hanya membimbing dan mengoreksi bacaan yang salah. Ada tiga permasalahan yang akan dibahas meliputi bagaimana Metode Qira’ati sebagai metode menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Miftahus Sa’adah Gondosari Gebog Kudus, bagaimana efektivitas metode Qira’ati dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Miftahus Sa’adah Gondosari Gebog Kudus, dan bagaimana implementasi metode Qira’ati dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Miftahus Sa’adah Gondosari Gebog Kudus.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Metode Qira’ati sebagai metode menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Miftahus Sa’adah Gondosari Gebog Kudus, bagaimana efektivitas metode Qira’ati dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Miftahus Sa’adah Gondosari Gebog Kudus, dan bagaimana implementasi metode Qira’ati dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Miftahus Sa’adah Gondosari Gebog Kudus. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan yang disajikan secara deskriptif kualitatif. Adapun kriteria subjek dalam penelitian yakni santri Pondok Pesantren Miftahussa’adah. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data-data tersebut kemudian dianalisis dan disajikan dalam bentuk narasi. Berdasarkan data-data yang telah terkumpul maka di dapati sebuah kesimpulan tentang Metode menghafal Al-Qur’an dengan metode Qiro’ati di pondok pesantren Miftahussa’adah Gondosari Gebog Kudus menggunakan sistem M3 yaitu mangap, mecucu, meringis. Efektivitas metode Qiro’ati dalam menghafal Al-Qur’an di pondok pesantren Miftahussa’adah Gondosari Gebog Kudus dapat dilihat dari keterlaksanaan program menghafal Al-Qur’an, kesesuaian proses pembelajaran menghafal Al-Qur’an dengan tujuan dan visi misi pondok pesantren Miftahussa’adah, dan keikutsertaan santri dalam proses pembelajaran menghafal Al-Qur’an.Implementasi metode Qiro’ati dalam menghafal Al-Qur’an di pondok pesantren Miftahussa’adah Gondosari Gebog Kudus melalui serangkaian tahapan. Diantaranya melalui perencanaan yaitu menyiapkan segala macam kebutuhan yang dibutuhkan untuk pembelajaran menghafal Al-Qur’an agar dapat mendukung keberlangsungan proses menghafal santri. Yang kedua pelaksanaan yaitu dimulai dengan berdo’a bersama, dilanjutkan dengan ustadz atau ustadzah yang memberikan materi melalui alat peraga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode Qiro’ati, Pondok Pesantren
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Quran Tafsir
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Oct 2022 02:51
Last Modified: 05 Oct 2022 02:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7414

Actions (login required)

View Item View Item