Model Promosi pada Simpanan Berhadiah dalam Meningkatkan Kuantitas Anggota di BMT Mubarakah Kudus

Wijayanti, Ocvi (2022) Model Promosi pada Simpanan Berhadiah dalam Meningkatkan Kuantitas Anggota di BMT Mubarakah Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (984kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (317kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (310kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (338kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (696kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (354kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (526kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (320kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)

Abstract

Seiring dengan semakin maraknya Lembaga Keuangan Syariagh di Indonesia mengakibatkan menjamurnya Lembaga Keuangan Syariah berskala kecil dalam bentuk Baitul Maal Wattamwil. Untuk meningkatkan kuantitas keanggotaan BMT, pihak manajemen melakukan beberapa terobosan promosi dengan menggunakan model promosi segmentasi, targeting dan positioning pasar untuk mempromosikan poduk simpanan berhadiah. Tujuan dari penelitian ilmiah ini, peneliti akan meneliti ada tidaknya pengaruh model promosi yang dilakukan manajemen terhadap peningkatan kuantitas anggota di BMT Mubarakah Kudus. Setelah melakukan serangkaian penelitian dengan metode penelitian deskriptif kualitatif yang sistematis dan terukur, dapat diperoleh data sebagai berikut: segmentasi yang dilakukan oleh BMT adalah segmentasi geografis, situasi dan penggunaan serta manfaat. Targeting yang dilakukan oleh BMT Mubarakah telah disesuaikan dengan pasar sasaran serta positioning juga telah dijalankan oleh BMT, sehingga dengan dilakukannya ketiga model promosi ini dapat meningkatkan kuantitas anggota simpanan berhadiah di BMT Mubarakah. Dengan dilakukannya model promosi ini, terdapat beberapa anggota yang memiliki rekening simpanan berhadiah lebih dari 5 rekening, sehingga semakin banyak rekening yang dimiliki semakin besar pula kesempatan bagi anggota tersebut untuk memperoleh hadiah yang diundi di akhir periode. Rekomndasi yang ahrus dijalankan oleh BMT Mubarakah yaitu selalu memperbarui model promosi yang dilakukan sesuai dengan perkembangan zaman serta memperluas jangkauan wilayahnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Promosi, Simpanan Berhadiah, Kuantitas Anggota dan BMT
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Mu`alamat
Fiqih, Hukum Islam > Mu`alamat > Bank, termasuk Baitul Mal wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Oct 2022 03:14
Last Modified: 05 Oct 2022 03:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7417

Actions (login required)

View Item View Item