Implementasi Media Flash Card Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Kelompok B Di RA Nurul Haq Prambatan Kidul Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022

Yunita, Salsa Putri (2022) Implementasi Media Flash Card Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Kelompok B Di RA Nurul Haq Prambatan Kidul Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (346kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (349kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (940kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (659kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (503kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (284kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan tindak lanjut dari perlakuan guru terhadap implementasi media flash card dalam upaya mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini kelompok B di RA Nurul Haq Prambatan Kidul Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Karena kemampuan bahasa adalah sebagai cerminan kecerdasan dalam diri peserta didik sekaligus sangat strategis dalam menunjang kesuksesan peserta didik saat dewasa. Kemampuan bahasa juga dapat menjadi alat dalam mengekspresikan perasaannya. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk 1) mendeskripsikan implementasi media flash card dalam upaya mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini kelompok B di RA Nurul Haq Prambatan Kidul Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022; 2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi media flash card dalam upaya mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini kelompok B di RA Nurul Haq Prambatan Kidul Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengambilan data dilapangan. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru ataupun pendidik, kemudian peserta didik kelas B dari RA Nurul Haq Prambatan Kidul Kaliwungu Kudus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian melakukan uji keabsahan data melalui uji credibility, uji transferability, uji denpendability, uji konfirmability. Teknik analisis data yang dilakukan degan cara pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penerapan media flash card dalam upaya mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini kelompok B di RA Nurul Haq Prambatan Kidul Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022, dilakukan dengan menggunakan beberapa langkah-langkah, yaitu: a) Pendahuluan, terdiri atas persiapan guru dalam penerapan, media flash card, menyiapkan RPPH, dan menyiapkan media flash card; b) Inti, diantaranya dilakukan apersepsi, mengenal huruf abjad dengan flash card, mengenal suku kata dengan flash card buah-buahan, mengeja huruf didalam kartu flah card, menyusun huruf abjad nama buah didalam flah card, mengelompokkan tanaman buah berkayu dan tidak berkayu, mengelompokkan buah berbiji satu dan berbiji banyak, mengamati secara lagsung wujud buah, mencicipi buah dari guru, kegiatan dialog antara guru dan anak, kegiatan lihat katakan gambar, mengurutkan bagian tanaman buah kemudian mngucapkan, meyebutkan bagian tanaman buah menggunakan flash card didepan teman, menirukan satu kalimat yang diucapkan guru secara berulang-ulang dengan harapan dapat mengembangkan kemampuan bahasa pada anak usia dini dan sesuai cakupan pembelajaran dalam kurikulum. c) evaluasi serta solusi, hal ini dilakukan dengan cara pengulangan materi serta tanya jawab guna mengetahui sejauh mana peserta didik menerima, memahami dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan media flash card; 2) Faktor pendukung dalam penerapan implementasi media flash card dalam upaya mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini kelompok B di RA Nurul Haq Prambatan Kidul Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022, adanya profesionalisme guru dan minat belajar serta ketekunan peserta didik. Kemudian Faktor penghambat dalam peerapan implementasi media flash card dalam upaya mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini kelompok B di RA Nurul Haq Prambatan Kidul Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022, kurangnya sarana prasana dalam mengembangkan bahasa AUD lebih kepada APE (alat pembelajaran edukatif).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Flash card, Perkembangan Bahasa, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Oct 2022 03:24
Last Modified: 05 Oct 2022 03:24
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7419

Actions (login required)

View Item View Item