Metode Pelaksanaan Pembelajaran Kitab At-Tibyān fi Adābi Hamalatil Qur’ān dalam Meningkatkan Akhlak Santri Pondok Pesantren Tahfidz Al-Ghurobaa’ Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022

Munif, Abdul (2022) Metode Pelaksanaan Pembelajaran Kitab At-Tibyān fi Adābi Hamalatil Qur’ān dalam Meningkatkan Akhlak Santri Pondok Pesantren Tahfidz Al-Ghurobaa’ Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (760kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (491kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (765kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (909kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (614kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (599kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (596kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran kitab At-Tibyān fi Adābi Hamalatil Qur’ān di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Ghurobaa’ Kudus berfokus pada metode yang digunakan dalam meningkatkan akhlak santri Pondok Pesantren Tahfidz Al-Ghurobaa’ Kudus, 2) mengetahui bagaimana akhlak santri Pondok Pesantren Tahfidz Al-Ghurobaa’ Kudus dalam pelaksanaan pembelajaran kitab At-Tibyān fi Adābi Hamalatil Qur’ān. Penelitian skripsi ini menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif.. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, bahan referensi, Member Check Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menyatakan bahwa: 1) pelaksanaan pembelajaran kitab At-Tibyān fi Adābi Hamalatil Qur’ān dalam meningkatkan akhlak santri Pondok Pesantren Tahfidz Al-Ghurobaa’ sudah dapat dikatakan baik dan efektif dengan bukti minat santri terhadap pembelajaran kitab At-Tibyān fi Adābi Hamalatil Qur’ān tinggi, hal ini dikarenakan faktor guru yang mempunyai beberapa metode dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu metode diskusi, metode bandongan, metode keteladanan dan metode pembiasaan. 2) akhlak santri dalam pembelajaran kitab At-Tibyān fi Adābi Hamalatil Qur’ān sudah menunjukkan akhlak yang baik, diantaranya adalah santri mempunyai semangat dan rajin dalam menuntut ilmu, santri menghormati dan memuliakan guru, dan santri memiliki sifat rendah rendah hati baik kepada guru maupun kepada teman-temanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Kitab At-Tibyān fi Adābi Hamalatil Qur’ān,Meningkatkan, Akhlak Santri
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Oct 2022 03:20
Last Modified: 06 Oct 2022 03:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7435

Actions (login required)

View Item View Item