Pembentukan Karakter Religius Bagi Peserta Didik Melalui Organsasi IPNU-IPPNU Di SMK Assa’idiyah Kirig Mejobo Kudus

Syarofi, Irma Madania (2022) Pembentukan Karakter Religius Bagi Peserta Didik Melalui Organsasi IPNU-IPPNU Di SMK Assa’idiyah Kirig Mejobo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (359kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (372kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (462kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (608kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (424kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (360kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)

Abstract

Pendidikan karakter menempati posisi yang sangat penting, termasuk di Indonesia. Meningkatnya tawuran antar pelajar, kenakalan remaja, pemerasan/kekerasan (bullying), narkoba, religiusitas generasi muda usia sekolah yang semakin terkikis merupakan tantangan generasi penerus bangsa Indonesia. Salah satu cara untuk membentuk karakter religius generasi muda adalah penerapan kegiatan-kegiatan yang dapat mendukung terbentuknya karakter religius di lingkungan sekolah, misalnya melalui organisasi IPNU IPPNU. IPNU IPPNU di tingkat komisariat SMK Assa’idiyyah dengan kegiatan-kegiatan yang mendukung pembentukan karakter. IPNU IPPNU Komisariat SMK Assa’idiyah juga ikut dalam membantu mengelola kegiatan-kegiatan pembiasaan tersebut yang dilakukan oleh pengurus IPNU dan IPPNU. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembentukan karakter religius bagi peserta didik melalui organisasi IPNU-IPPNU dan apa saja manfaat kegiatan IPNU-IPPNU bagi peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kajian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pembina IPNU-IPPNU, ketua IPNU, ketua IPPNU, dan anggota IPNU-IPPNU SMK Assa’idiyah. Teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara. Setelah data terkumpul dan dianalisis dengan teknik data reduction, data display,dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini berhasil memperoleh temuan yaitu : Pembentukan karakter religius peserta didik melalui organisasi IPNU-IPPNU SMK Assa’idiyah terbilang sudah maksimal. Proses pembentukan karakter religius dilaksanakan melalui kolaborasi antara organisasi IPNU-IPPNU dengan OSIS melalui program-program kerja yang dibuat.. Program/usaha lain yang dilakukan sekolah dalam menanamkan pendidikan karakter religius peserta didik adalah pembelajaran Ke-NU-an, kegiatan ngaji aswaja, sholat berjama’ah, doa awal dan akhir pembelajaran, ziarah makam waliyullah, istighosah, tahlil, pengajian, sholat berjamaah, BTQ MTQ, dan sebagainya. Tahapan pembentukan karakter religius bagi peserta didik melalui organisasi IPNU-IPPNU SMK Assa’idiyah berawal dari memberikan pengetahuan, kemudian dilakukan pembiasaan pembiasaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Karakter Religius, Organisasi IPNU-IPPNU
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Oct 2022 01:53
Last Modified: 10 Oct 2022 01:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7462

Actions (login required)

View Item View Item