Zakiyah, Arofah Aniz (2022) Implementasi Pembelajaran Daring Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Pada Masa Pandemi Covid-19 di MA Matholibul Huda Mlonggo Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (265kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (273kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (442kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (621kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (309kB) |
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (417kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (358kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (414kB) |
Abstract
MA Matholibul Huda Mlonggo adalah lembaga pendidikan Islam yang melaksanakan pembelajaran daring sebagai alternatif di tengah pandemi virus covid-19. KBM mapel SKI sebelum pandemi dilaksanakan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Jadi, peserta didik terbiasa menggantungkan pemahamannya pada penjelasan guru di dalam kelas. Sedangkan ketika pembelajaran dilaksanakan secara daring peserta didik diharuskan belajar mandiri dari rumah. Berangkat dari permasalahan tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) implementasi pembelajaran daring mapel SKI pada masa pandemi covid-19 di MA Matholibul Huda Mlonggo; 2) dampak implementasi pembelajaran daring mapel SKI pada masa pandemi covid-19 di MA Matholibul Huda Mlonggo; 3) kelebihan dan kekurangan implementasi pembelajaran daring mapel SKI pada masa pandemi covid-19 di MA Matholibul Huda Mlonggo Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian diuji keabsahan datanya dengan uji kredibilitas yaitu meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan bahan referensi. Setelah semua data terkumpul peneliti mereduksi data dan menganalisis sehingga menghasilkan penarikan kesimpulan dari hasil penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pembelajaran daring mapel SKI pada masa pandemi covid-19 di MA Matholibul Huda Mlonggo menggunakan Google Classroom dan WhatsApp sebagai media pembelajaran daring. 2) Dampak implementasi pembelajaran daring mapel SKI pada masa pandemi covid-19 di MA Matholibul Huda Mlonggo ada dampak positif dan dampak negatif. Dampak positifnya adalah dengan adanya pembelajaran daring peserta didik menjadi leluasa dalam mencari informasi yang berhubungan dengan materi dibantu dengan adanya teknologi. Sedangkan dampak negatifnya adalah terganggunya kesehatan mata karena terlalu lama berada di depan layar HP maupun komputer, serta menurunnya akhlak peserta didik karena kebabasan dalam mengakses media sosial. 3) Kelebihan implementasi pembelajaran daring mapel SKI pada masa pandemi covid-19 di MA Matholibul Huda Mlonggo adalah membantu guru SKI menguasai teknologi dengan baik, menjadi mengetahui beberapa aplikasi dan platform pembelajaran yang memungkinkan dapat dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran SKI kedepannya nanti. Sedangkan kekurangannya adalah kurangnya kedisiplinan waktu peserta didik dalam mengikuti KBM, peserta didik menyepelekan pembelajaran daring karena merasa tidak diawasi secara langsung pendidik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19, SKI. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 10 Oct 2022 02:02 |
Last Modified: | 10 Oct 2022 02:02 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7463 |
Actions (login required)
View Item |