Perspektif Kh. Hasyim Asy’ari Dalam Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim Tentang Etika Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam

Lestari, Yuni (2022) Perspektif Kh. Hasyim Asy’ari Dalam Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim Tentang Etika Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (410kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (349kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (377kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (524kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (362kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (765kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (349kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (408kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim tentang Etika Pendidikan dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Tujuan penulisan skripsi ini adalah: 1. Untuk menganalisa perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim tentang etika pendidikan. 2. Untuk menganalisa nilai-nilai etika pendidikan yang terkandung dalam kitab Adabul ‘alim Wal Muta’alim karya KH. Hasyim Asy’ari. 3. Untuk menganalisa relevansi etika pendidikan KH. Hayim Asy’ari dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim dengan tujuan pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analisis (descriptive of analyze research). Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research), yang memiliki batasan penelitian dengan fokus dan ciri-ciri yang sesuai dengan penelitian kepustakaan. Subjek penelitian ini adalah kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim yang merupakan kitab yang membahas tentang hubungan pendidik dan peserta didik dalam proses pengajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan studi Pustaka. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini diperoleh bahwa; 1) Perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim tentang etika pendidikan. Didalam kitab tersebut, pendidik diharuskan untuk memiliki kepribadian mulia guna mendukung potensi peserta didik serta mengajarkan bahwasanya Pendidikan kognitif harus dibarengi pula dengan kepribadian yang baik. Dan peserta didik, diharuskan untuk memiliki perilaku yang baik untuk mendukung terciptanya proses pembelajaran yang baik pula dan mendapatkan berkah dari keikhlasan pendidik nya. 2) Nilai-nilai etika pendidikan yang terkandung dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim karya KH. Hasyim Asy’ari yakni; nilai religius, nilai kepedulian, dan nilai kedisplinan. 3) Relevansi etika pendidikan yang diusung KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim dan tujuan pendidikan Islam memiliki hubungan yang kuat, yaitu membentuk pribadi yang tak hanya unggul dalam pengetahuan, namun juga dalam hal spiritual dan kepribadian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Etika, Pendidik, Peserta Didik
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:00
Last Modified: 11 Oct 2022 02:00
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7471

Actions (login required)

View Item View Item