Santika, Elma Nur (2022) Implementasi Metode Pembelajaran Gillingham Terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Peserta Didik Kelas 1 Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Kedungmutih Kecamatan Wedung Kabupaten Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (256kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (197kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (502kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (853kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (503kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (933kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
Abstract
Implementasi metode pembelajaran Gillingham pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik kelas 1 dalam mengenal huruf, membaca dan menulis di SDN Kedungmutih. Salah satu faktor penyebabnya adalah lamanya proses pembelajaran daring selama Pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini yaitu : Pertama, untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran Gillingham terhadap kemampuan membaca dan menulis peserta didik kelas 1 pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN Kedungmutih Wedung Demak. Kedua, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang memengaruhi implementasi metode pembelajaran Gillingham terhadap kemampuan membaca dan menulis peserta didik kelas 1 pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN Kedungmutih Wedung Demak. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang diperoleh yaitu sumber data primer dan sekunder dengan subjek penelitian guru kelas 1, kepala sekolah, dan peserta didik kelas 1. Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan datanya menggunakan uji kredibilitas dan pengujian konfirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode pembelajaran Gillingham terhadap kemampuan membaca dan menulis peserta didik kelas 1 pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN Kedungmutih Wedung Demak dilaksanakan melalui 3 tahapan pembelajaran yaitu perencanaan, pelaksaan dan evaluasi. Pelaksanaan proses pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan metode pembelajaran Gillingham memberikan dampak positif bagi perkembangan kemampuan membaca dan menulis peserta didik, diantaranya yaitu peserta didik dapat menguasai teknik membaca dan menulis, menguasai materi pembelajaran, dan pencapaian standar kompetensi pembelajaran bahasa Indonesia. Faktor pendukung yang memengaruhi implementasi metode pembelajaran Gillingham terhadap kemampuan membaca dan menulis peserta didik kelas 1 pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN Kedungmutih Wedung Demak yaitu, adanya tenaga pendidik professional, respon positif peserta didik selama pembelajaran, dan adanya sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu adanya pandemi Covid-19 di Indonesia, dan tingkat kestabilan emosi peserta didik yang rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Gillingham, Kemampuan Membaca dan Menulis, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 02:11 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 02:11 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7502 |
Actions (login required)
View Item |