Kariim, Yoga Alfiyan (2022) Implementsi Model Blended Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Miftahussa'adah Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (67kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (174kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (366kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (468kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (108kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (394kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (70kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) |
Abstract
Model Blended learning merupakan suatu model pembelajaran yang banyak digunakan pada masa pandemi covi-19, model pembelajaran ini memiliki konsep kombinasi yang menggabungkan antara pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring (online) dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan jaringan internet. Skripsi ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PAI melalui model blended learning dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP Miftahussa'adah Kudus. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan model blended learning dalam pembelajaran PAI di SMP Miftahussa'adah Kudus. 3) Untuk mengetahui dampak proses pembelajaran PAI melalui model blended learning dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP Miftahussa'adah Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dalam penelitian ini peneliti terlibat aktif serta turun langsung ke lapangan untuk memahami fenomena dan menjaga kealamian data. Teknik yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan sebagai berikut; pertama, Pelaksanaan pembelajaran PAI melalui model blended learning dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP Miftahus Sa'adah Kudus menggunakan metode ceramah dan metode demonstrasi Sedangkan pembelajaran daring di SMP Miftahussa'adah Kudus menggunakan aplikasi yang sudah dipatenkan dari sekolah yaitu Whatshaap. Akan tetapi, guru tidak diwajibkan hanya menggunakan aplikasi tersebut, melainkan boleh menggunakan aplikasi lain seperti Youtube, Zoom, dan Google Meet. Kedua, Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan model blended learning dalam pembelajaran PAI di SMP Miftahussa'adah Kudus diantaranya; sarana dan prasarana yang memadai, penggunaan metode, serta penggunaan aplikasi yang tepat dalam pembelajaran daring. Sedangkan faktor penghambatnya adalah masalah jaringam internet. Dan ketiga,dampak proses pembelajaran PAI melalui model blended learning dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP Miftahussa'adah Kudus adalah meningkatnya motivasi belajar siswa khususnya dalam pembelajaran PAI, ditunjukkan dengan pembelajaran tersebut siswa dan guru bisa berinteraksi dan bertemu secara langsung. Selain itu, pemahaman siswa terkait materi juga akan lebih mudah sehingga prestasi belajar pun meningkat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Model Pembelajaran, Blended learning, Motivasi Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 03:42 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 03:42 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7543 |
Actions (login required)
View Item |