Putri, Siti Nurrahayu (2022) Implementasi Hidden Curiculum dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di MA Khoiriyah Waturoyo Margoyoso Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
cover-kata pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (221kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (233kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (447kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (471kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (385kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (558kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (216kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (301kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bentuk kegiatan program hidden curiculum dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MA Khoiriyah Waturoyo Margoyoso Pati; (2) untuk menggali bagaimana strategi yang dilakukan dalam implementasi hidden curiculum dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MA Khoiriyah Waturoyo Margoyoso Pati; (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat apa saja dalam pelaksanaan hidden curiculum dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MA Khoiriyah Waturoyo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan sumber data primer. Data tentang kegiatan hidden curiculum dalam pembetuka karakter religius peserta didik di MA Khoiriyah Waturyo Margyoso Pati dikumpulkan dengan tekhnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun pengambilan sampling informan menggunakan non probability sampling dengan menggunakan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun uji keabsahan data yang digunakan adalah uji kredibilitas dengan perpanjangan waktu penelitian, trigulasi sumber, teknik, waktu, dan penggunaan bahasa refrensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) bentuk pelaksanaan hidden curiculum dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MA Khoiriyah sangat beraneka ragam. 2) strategi pelaksanaan hidden curiculum di implementasikan melalui perencanaan ialah merumuskan visi misi sekolah dan mengadakan rapat, kemudian pelaksanaan dengan menerapkan pembiasaan dan kerjasama dalam setiap kegiatan, dan evaluasi dengan menambah peran guru sebagai pengawasan terhadap peserta didik, dan (3) Faktor pendukung pelaksanaan hidden curiculum ialah mrnjaga komunikasi, sarana memadai, lingkungan yang kondusif. Sedangkan faktor penghambat kurangnya kesadaran peserta didik dan perhatian dari orang tua
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Hidden Curiculum, karakter religius |
Subjects: | Akhlak dan Tasawuf > Akhlak 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 03:55 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 03:55 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7547 |
Actions (login required)
View Item |