Qosyim, Moh (2022) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidik pada Masa Pandemi COVID-19 di SMK Nurul Islam Jepara. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (5MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (880kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (203kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (580kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (818kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (381kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (654kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (468kB) |
|
Text
9. BAB VI.pdf Download (275kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (417kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk menemukan dan mendeskripsikan secara mendalam Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidik pada Masa Pandemi COVID-19 di SMK Nurul Islam Jepara, meliputi: 1) Konsep kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidik pada Masa Pandemi COVID-19 di SMK Nurul Islam Jepara; 2) Karakteristik Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidik pada Masa Pandemi COVID-19 di SMK Nurul Islam Jepara; dan 3) Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidik pada Masa Pandemi COVID-19 di SMK Nurul Islam Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan Studi Kasus. Lokasi penelitian berada di SMK Nurul Islam desa Geneng kecamatan Batealit kabupaten Jepara. Subyek penelitian dalam penelitian ini, yaitu: Kepala Sekolah SMK Nurul Islam Jepara. Sedangkan informannnya yaitu pendidik dan tenaga kependidikan SMK Nurul Islam Jepara. Sumber dalam data penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, wawancara dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif yang bersifat induktif. Sedangkan untuk uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep kepemimpinan kepala sekolah SMK Nurul Islam Jepara dalam peningkatan mutu pendidik pada masa pandemi COVID-19, yaitu suatu aktivitas kepemimpinan yang dirumuskan, disusun dari pemahaman konsep dan teori tentang kepemimpinan, serta diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah dengan menyusun dan mengembangkan program untuk peningkatan mutu pendidik dalam pandemi COVID-19 di SMK Nurul Islam Jepara; 2) Karakteristik Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidik pada Masa Pandemi COVID-19 di SMK Nurul Islam Jepara yaitu: a) Santun; b) Mandiri; c) Adaptif; d) Religius; dan e). Terampil. Yang semua dikumpulkan dalam akronim SMART; dan 3) Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidik pada Masa Pandemi COVID-19 di SMK Nurul Islam Jepara, yaitu: a) memastikan sekolah bebas dari COVID-19; b) berkomunikasi aktif kepada warga sekolah terkait kebijakan dan perubahannya selama pandemi; c) melakasanakan pelatihan terhadap guru dan siswa dalam transformasi ilmu teknologi dalam PBM selama pandemi COVID-19; d) menerapkan kebijakan penggunakan Aplikasi Eseme sebagai bagian blended learning; e) menerapkan alokasi dana untuk menunjang pembelajaran dan memutus penyebaran COVID-19; f) memberi motivasi kepada Tenaga Pendidik dan civitas sekolah di tengah pandemi COVID-19; dan g) Workshop peningkatan mutu pendidik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinanan, Mutu Pendidik, Pandemi COVID-19 |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Oct 2022 01:24 |
Last Modified: | 18 Oct 2022 01:24 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7573 |
Actions (login required)
View Item |