model kepemimpinan kepala sekolah daalam meningkatkan kualitas dilembaga pendidikan di SMP Negeri 2 Kramat Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal

Antika, Rindi (2022) model kepemimpinan kepala sekolah daalam meningkatkan kualitas dilembaga pendidikan di SMP Negeri 2 Kramat Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (439kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (400kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (723kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (408kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (463kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (376kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskipsikan dan menganalisis tentang: (1) untuk mengetahui model kepemimpinan yang digunakan dalam meningkatkan kualitas dilembaga kependidikan di SMP Negeri 2 Kramat kecamatan kemantran kabupaten tegal. (2) Untuk mengetahui faktor penghambat pelaksanaan model kepemimpinan di SMP Negeri 2 Kramat(3) Untuk mengetahui Solusi kepala sekolah menangulangi penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 2 Kramat. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif sesuai dengan obyek kajian, maka penelitian ini adalah penelitian lapangan. Disini penulis mengambil lokasi di SMP Negeri 2 Kramat kabupaten Tegal. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Objek keabsahan datanya menggunakan beberapa cara yakni pengamatan, triangulasi dan juga menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu kualitas adalah model kepemempinan partisipatif dan model kepemempinan manajerial, kepemempinan partisipatif adalah yang mana semua keputuaan diambil secara musyawarah. Sedangkan model kepemempinan manajerial adalah kepala sekolah dapat merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan dan mengevalusai kegiatan, melaksanakan pengajaran, mengadakan rapat, menentukan kebijakan, mengambil keputusan, mengatur proses belajar mengajar, administrasi, dan sarana serta mengatur hubungan sekolah dengan masyarakat dan instansi terkait (2) faktor penghambat pelaksanaan model kepemimpinan kepala sekolah di SMP Negeri 2 Kramat adalah faktor guru yang kurang memahami cara menyimpulkan dari hasil diskusi, sebagian kurang tanggungjawab dari pendidik dalam pelaksanaan dan faktor umun yaitu banyaknya sosialisasi dadakan sehingga memotong jam pelajaran. (3) Solusi kepala sekolah menangulangi penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 2 Kramat yaitu sebagai motivator bagi para guru supaya meningkatkan kinerja dalam kegiatan belajar mengajar, supervisor bagi para guru memberikan masukan apabila dirasa kurang dan memberikan penjelasan apabila menurutnya ada yang tidak sesuai, teladan yaitu memberikan panutan kepada pendidik dan tenaga kependidikan untuk selalu bersifat disiplin, monitoring, dan sebagai pendidik. Memberikan arahan sosialisasi menegenai bagaimana motode dan srategi membelajaran yang efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model kepemimpinan, kepala sekolah, kualitas
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Oct 2022 02:06
Last Modified: 19 Oct 2022 02:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7596

Actions (login required)

View Item View Item