Analisis Program Tahfidz Al-Quran Dalam Meningkatkan Hafalan Qur’an Siswa di MTs Nu Al-Hidayah Kudus

Sofa, Dewi Zahrotun (2022) Analisis Program Tahfidz Al-Quran Dalam Meningkatkan Hafalan Qur’an Siswa di MTs Nu Al-Hidayah Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (508kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (352kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (512kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (969kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (375kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (774kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (334kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (463kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana program tahfidz al-qur’an dalam meningkatkan hafalan Qur’an di MTs NU Al-Hidayah Kudus dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat program tahfidz dalam meningkatkan hafalan Qur’an di MTs NU Al-Hidayah Kudus. Jenis penelitian ini ada adalah field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, guru tahfidz, wali kelas, dan tiga siswa kelas tujuh, delapan di MTs NU Al-Hidayah Kudus. Analisis data menggunakan model analisis deskriptif interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran tahfidz setiap harinya dilaksanakan setiap hari kecuali hari Jum’at dengan alokasi waktu 3 jam pelajaran. Program tahfidz Qur’an merupakan langkah efektif dalam meningkatkan hafalan Qur’an siswa di MTs NU Al-Hidayah Gebog Kudus. Dimulai dengan membiasakan membaca al-Qur’an untuk menciptakan budaya cinta al-qur’an sehingga semakin lancar bacaan Qur’an pada siswa. Pelaksanaan program pembelajaran tahfidz al-Qur’an di MTs NU Al-Hidayah Gebog Kudus meliputi target hafalan al-Qur’an 5 juz per tahun. Materi yang dihafalkan 30 juz. Metode yang digunakan dalam pembelajaran tahfidz adalah talaqqi, tahfidz bin nadzar, takrir, dan tasmi’. Faktor pendukung dalam pelaksanaan program tahfidz di MTs NU Al-Hidayah yaitu dukungan dari keluarga dan masyarakat, managemen waktu yang baik, kondisi tempat menghafal, kegiatan lain pendukung program tahfidz dan bekal awal hafalan siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kesehatan, kecerdasan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: analisis; program tahfidz; meningkatkan hafalan
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Nov 2022 03:25
Last Modified: 03 Nov 2022 03:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7649

Actions (login required)

View Item View Item