Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Partisipasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X di SMA Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus Tahun Ajaran 2021/2022

Fajry, Rossyana Latifatul (2022) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Partisipasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X di SMA Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (429kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (330kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (458kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (824kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (736kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (886kB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (434kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul ”Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Partisipasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X di SMA Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus Tahun Ajaran 2021/2022, dengan tiga rumusan masalah yaitu adakah pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di SMA Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus Tahun Ajaran 2021/2022. Rumusan kedua, adakah pengaruh antara partisipasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di SMA Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus Tahun Ajaran 2021/2022. Rumusan ketiga, adakah pengaruh antara kecerdasan emosional dan partisipasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di SMA Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksankan di SMA Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Hidayatul Mustafidin yang berjumlahkan 34 siswa, dan menjadikan seluruh populasi sebagai sampel karena populasi kurang dari 100. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes, yaitu angket kecerdasan emosional dan angket partisipasi belajar yang berjumlahkan 17 pertanyaan, dan instrumen tes hasil belajar berjumlahkan 15 soal materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Dari hasil penelitian yang dilakukan, 1) terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di SMA Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus Tahun Ajaran 2021/2022 dengan nilai signifikasi hasil analisis regresi sederhana adalah 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel adalah 24,762 > 2,037. 2) terdapat pengaruh antara partisipasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di SMA Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus Tahun Ajaran 2021/2022 dengan nilai signifikasi hasil regresi sederhana 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel adalah 14,752 > 2,037. 3) terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional dan partisipasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di SMA Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus Tahun Ajaran 2021/2022 dengan nilai signifikasi hasil regresi ganda uji F 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung > Ftabel adalah 304,955 > 3,305.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Partisipasi Belajar, Hasil Belajar Matematika
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:07
Last Modified: 22 Nov 2022 02:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7712

Actions (login required)

View Item View Item