Pengembangan Media Pembelajaran Daring Berbasis VideoScribe Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Darul Anwar Cranggang Dawe Kudus

Musthofa, Ahmad Fayumi Adam Al (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Daring Berbasis VideoScribe Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Darul Anwar Cranggang Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (634kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (276kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (267kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (353kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (518kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (344kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (795kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (268kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)

Abstract

Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran daring Akidah Akhlak berbasis aplikasi VideoScribe pada materi Keteladanan Rasul Ulul Azmi dan Keistimewaannya. Masalah yang terjadi pada penelitian ini adalah kurangnya minat belajar pada pembelajaran daring Akidah Akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengembangan media pembelajaran daring berbasis VideoScribe pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Darul Anwar Cranggang Dawe Kudus; (2) Dampak media pembelajaran daring berbasis VideoScribe pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Darul Anwar Cranggang Dawe Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan model Sugiyono. Tahapan penelitian tersebut meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba desain, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Pengambilan data melalui observasi, wawancara terstruktur, angket, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan metode analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Pengembangan media pembelajaran daring berbasis VideoScribe pada mata pelajaran Akidah Akhlak tentang Keteladanan Rasul Ulul Azmi dan Keistimewaannya menggunakan metode Research and Development dari model Sugiyono meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba desain, revisi produk, dan uji coba pemakaian. (2) Hasil angket tingkat kelayakan media pembelajaran daring Akidah Akhlak berbasis VideoScribe materi Keteladanan Rasul Ulul Azmi Dan Keistimewaannya oleh ahli media 82% (sangat layak), ahli materi 84% (sangat layak), uji telaah pakar 90% (sangat layak), dan uji coba kelompok kecil 96,01% (sangat layak). (3) Media pembelajaran daring Akidah Akhlak berbasis VideoScribe materi Keteladanan Rasul Ulul Azmi Dan Keistimewaannya memiliki pengaruh bagi guru yaitu dapat memberikan variasi media pembelajaran yang dapat digunakan dan siswa dapat meningkatkan tingkat minat belajar berdasarkan pada peningkatan hasil angket dari sebelum penerapan media pembelajaran mendapatkan 44,3% lalu pada uji coba pemakaian mendapat hasil 87,9%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Daring, VideoScribe, Minat Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Nov 2022 07:04
Last Modified: 23 Nov 2022 07:04
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7720

Actions (login required)

View Item View Item