Yudiisrofi, Yudiisrofi (2022) Studi Kitab Aqidatul Awwam Sebagai Upaya Penanaman Keimanan Siswa Kelas II Ula Banin Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Di Madrasah Diniyyah Darul Ulum Ngembalrejo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (295kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (391kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (772kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (532kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (849kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (304kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (419kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: Pertama, mengetahui nilai keimanan dalam kitab Aqidatul Awwam. Kedua, mengetahui bagaimana upaya penanaman keimanan siswa kelas II ula banin melalui studi kitab Aqidatul Awwam dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data primer yaitu: kepala madrasah, ustadz pengampu mata pelajaran Aqidatul Awwam. Sumber data sekunder yaitu: arsip madrasah dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas yang menggunakan triangulasi, meningkatkan ketekunan, analisis kasus negativ dan mengunakan bahan refrensi. Hasil penelitian, kitab Aqidatul Awwam merupakan kitab berbasis syair didalamnya mengandung ilmu tauhid. Ilmu tauhidnya tentang 20 sifat wajib, 20 muhal dan 1 jaiz bagi Allah, 4 sifat wajib, 4 muhal dan 1 jaiz bagi Rasul atau sering disebut dengan mu’taqod 50 dan juga membahas tentang sifat malaikat dan jumlahnya yang wajib diketahui, kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada Rasul-Nya, juga tentang hari akhir. Ustadz pada upaya penanaman keimanan santri dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) melalui studi kitab Aqidatul Awwam yaitu dengan memberikan penejelasan secara kontekstual tentang sifat wajib, muhal dan jaiz Allah. Sifat wujud secara kontekstual adalah adanya alam ini bisa dipegang dan dilihat secara pasti adalah sebagai tanda bahwa Allah itu wujud. Tentu akal kita juga akan mengakui bahwa alam ini mustahil jika tidak ada yang menciptakan. Ibarat adanya kursi pasti ada yang membuatnya. Ustadz memanfaatkan keadaan lingkungan dan benda sekitar sebagai contoh untuk dihayati bersama, agar supaya santri lebih paham dan tahu tentang materi pembelajaran. Selanjutnya, ustadz memberikan kesempatan kepada santri berpendapat dan diskusi dengan temannya tentang masalah berkaitan dengan materi pembelajaran yang telah diberikan oleh ustadz dan menmaparkan kembali hasil dari diskusi.Tujuan tersebut agar santri dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari- hari dalam beragama dan bermasyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kitab Aqidatul Awwam, Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) |
Subjects: | Aqaid dan Ilmu Kalam > Aqidah menurut aliran-aliran atau sekte-sekte dalam Islam Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 08 Dec 2022 04:00 |
Last Modified: | 08 Dec 2022 04:00 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7791 |
Actions (login required)
View Item |