Perbandingan Pengaruh antara Metode Ceramah dan Metode Snowball Throwing Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI MI Tarbiyatul Islam Ngarengan Dukuhseti Pati Tahun Pelajaran 2021/2022

Hidayah, Elva Nor (2022) Perbandingan Pengaruh antara Metode Ceramah dan Metode Snowball Throwing Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI MI Tarbiyatul Islam Ngarengan Dukuhseti Pati Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (73kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (102kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (185kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (362kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat pengaruh metode ceramah terhadap peningkatan hasil belajar muatan Matematika materi Statistika pada peserta didik kelas VI Tarbiyatul Islam Ngarengan Dukuhseti Pati Tahun Pelajaran 2021/2022, (2) tingkat pengaruh metode Snowball Throwingterhadap peningkatan hasil belajarmuatan Matematika materi Statistika pada peserta didik kelas VI Tarbiyatul Islam Ngarengan Dukuhseti Pati Tahun Pelajaran 2021/2022, (3) tingkat perbedaan pengaruh antara metode Ceramah dan metode Snowball Throwing terhadap peningkatan hasil belajar muatan Matematika materi Statistika pada peserta didik kelas VI Tarbiyatul Islam Ngarengan Dukuhseti Pati Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen).Desain eksperimen semu (quasi eksperimen), suatu cara yang dilakukan untuk membandingkan tingkat hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Snowball Throwing danmetode Ceramah yang diterapkan disekolah dengan sampel kelas VI A sebagai kelas eksperimen yang menerapkan metode Snowball Throwing dan kelas VI B sebagai kelas kontrol yang menerapkan metode Ceramah. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan memecahkan masalah secara terencana dan cermat.Dalam penelitian ini penyajian data dan analisis menggunakan uji statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa(1) Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Ceramah belum memberikan tingkat yang signifikan pada hasil belajar siswa,Dilihat dari pre- test dan post- testpertama tidak terdapat tingkat hasil antara sebelum dan sesudah menerapkan metode ceramah, dari hasil rata- rata nilai siswa 51,60 meningkat menjadi 52,80. Hasiloutput SPSS metode Ceramah bahwa hipotesis ditolak karena nilaiAsymp.Sig. (2-tailed) lebih besar dari > 0,05 yaitu 0.716 > 0,05(2) Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Snowball Throwing sudah memberikan tingkat yang signifikan pada hasil belajar siswa, Dilihat dari pre- test dan post- testpertama dan keduaterdapat tingkat hasil antara sebelum dan sesudah menerapkan metode Snowball Throwing, dari hasil rata- rata nilai siswa 73,00 meningkat menjadi 86,00.Hasil output SPSS metode Snowball Throwingbahwa hipotesis diterima karena nilai Asymp.Sig lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000<0,05 (3) Terdapat tingkat perbedaan hasil belajar antara menggunakan metode Ceramah dengan metode Snowball Throwing dibuktikan dengan hasilpenelitian ini dimana pada uji mann whitney diperoleh Sig 0,002 maka hipotesis diterima. Dimana rata- rata nilai kelas dengan metode Snowball Throwing lebih meningkat secara signifikan dibandingkandari rata- rata nilai metode Ceramah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Ceramah, Metode Snowball Throwing, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Dec 2022 04:06
Last Modified: 08 Dec 2022 04:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7793

Actions (login required)

View Item View Item