Strategi Guru IPS Dalam Menerapkan Pendidikan Karakter Kelas VIII SMP Negeri 2 Dempet Tahun Pelajaran 2021/2022

Qomariyah, Nurul (2022) Strategi Guru IPS Dalam Menerapkan Pendidikan Karakter Kelas VIII SMP Negeri 2 Dempet Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (683kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (63kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (227kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (474kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (352kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (373kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (145kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru IPS dalam menerapkan pendidikan karakte. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 2 Dempet Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (filed research), dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk melakukan penelitian, pengamatan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, pendekatan ini digunakan peneliti untuk memperoleh data tentang strategi guru dalam menerapkan pendidikan karakter peserta didik kelas VIII. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi yang terdiri dari triangulasi teknik, sumber, dan teori. Selanjutnya data dianalisis dengan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru IPS dalam menerapkan pendidikan karakter peserta didik di SMP Negeri 2 Dempet yaitu memberikan contoh yang baik kepada semua orang baik guru maupun sesama peserta didik, memberikan pesan moral setelah pembelajaran kelas selesai dilaksanakan, mengajarkan sopan santun, mengajarkan jujur tidak menyontek saat ulangan, terbuka kepada guru, disiplin waktu. Dalam pelaksanaan penerapan pendidikan karakter, guru menggunakan berbagai strategi pada pembelajaran IPS. Terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan pendidikan karakter, solusi dan keberhasilan dalam menerapkan pendidikan karakter

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, IPS, Pendidikan Karakter
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Dec 2022 02:02
Last Modified: 09 Dec 2022 02:02
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7810

Actions (login required)

View Item View Item