Manajemen Dakwah Aswaja Center Kudus dalam Menyebarkan Paham Ahlussunnah Wal Jama’ah An Nahdliyah

Najich, Febioki Lutfi (2022) Manajemen Dakwah Aswaja Center Kudus dalam Menyebarkan Paham Ahlussunnah Wal Jama’ah An Nahdliyah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (293kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (351kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (453kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (383kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (605kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (318kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)

Abstract

Ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah memiliki konsep moderasi atau Wasathiyah, Wasathiyah adalah ajaran Islam yang mengarahkan umatnya agar adil, seimbang, bermaslahat dan proporsional, atau sering disebut dengan kata “moderat” dalam semua dimensi kehidupan. konsep pemikiran Wasathiyah sejalan dengan konsep pemikiran yang terapkan oleh Aswaja Center Kudus yang cenderung ke moderat, tengah-tengah, toleransi sesuai dengan faham Ahlussunnah Wal Jama’ah, dalam hal ini adalah kelompok ahli tafsir, ahli hadits, dan ahli fiqih, yang berpegang teguh dengan Sunnah Nabi SAW dan Sunnah Khulafaur Rasyidin setelahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Manajemen Dakwah Aswaja Center Kudus dalam Menyebarkan paham Ahlussunnah Wal Jama’ah An Nahdliyah. 2) Apa saja media yang digunakan Aswaja Center Kudus dalam menyebarkan paham Ahlussunnah Wal Jama’ah An Nahdliyah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data dalam pendekatan ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang diperoleh secara langsung dari sumber terkait dengan memperoleh informasi secara langsung kepada direktur dan wakil direktur Aswaja Center Kudus dengan dilengkapi data-data informasi dan foto-foto dari lokasi. Analisis data dalam penelitian kualitatif yang dilakukan secara terus menerus selama penelitian berlangsung, dilakukan mulai dari pengumpulan data sampai pada tahap penulisan laporan. Peneliti menggunakan reduksi data dengan menggunakan seluruh data dari Direktur dan Wakil Direktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Manajemen dakwah Aswaja Center Kudus dalam Menyebarkan Paham Ahlussunnah Wal Jama’ah An Nahdliyah dengan menggunakan empat fungsi manajemen dakwah yaitu: planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (pelaksanaan), controlling(pengendalian) dan menggunakan 6 unsur yaitu: Man (Manusia), Money (Uang), Materials (Bahan), Mechine (Mesin), Method (Metode), dan Market (Pemasaran). (2) Media yang digunakan Aswaja Center Kudus dalam menyebarkan Paham Ahlussunnah Wal Jama’ah An Nahdliyah adalah berfokus pada media youtube. Penggunaan Youtube oleh Aswaja Center Kudus dinilai membantu dalam proses penyebaran paham Ahlussunnah Wal Jama’ah An Nahdliyah karena dalam pelaksanaan kajian selapanan yang menjadi program dari Aswaja Center Kudus juga menyiarkan secara langsung melalui youtube. Selain itu terdapat konten-konten video kajian selain dari penyelenggaraan kajian selapanan yang ada di youtube

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penyebaran, Manajemen Dakwah, Aswaja An Nahdliyah
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Manajemen Dakwah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Dec 2022 03:10
Last Modified: 12 Dec 2022 03:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7823

Actions (login required)

View Item View Item