Septiyani, Anindha (2022) Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Meronce RA Muslimat NU Tarbiyatul Athfal Kesambi Mejobo Kudus Tahun Akademik 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (363kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (558kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (617kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (709kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (575kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (367kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (572kB) |
Abstract
Skripsi ini dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan deskripsi mendalam tentang kegiatan meronce yang digunakan dalam stimulasi perkembangan motorik halus anak melalui kegiatan meronce RA Muslimat NU Tarbiyatul Athfal Kesambi Mejobo Kudus, untuk mendapatkan deskripsi mendalam tentang hasil stimulasi perkembangan motorik halus anak melalui kegiatan meronce RA Muslimat NU Tarbiyatul Athfal Kesambi Mejobo Kudus. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian fenomology yaitu penelitian berdasarkan pengalaman kesadaran individu dalam memahami objek atau peristiwa sehingga mendapatkan ilmu pengetahuan baru atau mengembangkan pengetahuan yang telah ada menggunakan procedure yang logis, kritis, dan sistematis. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelompok B1, dan wali murid, dan objek penelitian ini yaitu stimulasi perkembangan motorik halus oleh 12 anak kelompok B1. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Perkembangan motorik halus anak RA Muslimat NU Tarbiyatul Athfal Kesambi kelompok B1 sudah berkembang sesuai harapan di mana RPPH memuat tema dengan kegiatan disesuaikan STPPA dan beberapa kegiatan masih membutuhkan bimbingan sederhana guru melatih bertanggung jawab menyelesaikannya; (2) Terdapat kegiatan meronce bahan alam dan buatan dilakukan 2 pertemuan difokuskan warna dan bentuk dengan langkah-langkah persiapan, pelaksanaan, istirahat, dan penutup dalam penataannya anak dibebaskan memasukkan urutan roncean sesuai keinginan; (3) Hasil stimulasi perkembangan motorik halus melalui meronce dinyatakan bagus, anak bisa memasukkan benang ke lubang roncean, mengenal warna dan bentuk (sayuran wortel, kol, kacang panjang), warna dan bentuk benda langit (matahari, bulan, bintang, dan awan). Bukti keberhasilan stimulasi anak sudah mulai mandiri melakukan kegiatan sehari-hari di rumah dan sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Stimulasi, Perkembangan Motorik Halus, Kegiatan Meronce |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 03:16 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 03:16 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7828 |
Actions (login required)
View Item |