Pemanfaatan Reward Stickers “Rara dan Nussa” untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini di TK Miftahul Huda Kelompok A Jepang Mejobo Kudus Tahun Ajaran 2021/2022

Aminah, Siti (2022) Pemanfaatan Reward Stickers “Rara dan Nussa” untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini di TK Miftahul Huda Kelompok A Jepang Mejobo Kudus Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (380kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (515kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (506kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (631kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (380kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (623kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (359kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (345kB)

Abstract

Pendidikan anak usia dini mempunyai program pendidikan yang bertujuan untuk membantu para peserta didik dalam mengembangkan potensi yang di milikinya, salah satunya yaitu anak di arahkan pada pengembangan pribadi (soft skill) atau ketrampilan hidup yang menjadi potensi dasar kemampuan seorang anak , yakni dengan melatih kemandiriannya. Untuk melatih kemandirian seorang anak perlu distimulasi dengan menggunakan cara yang tepat. Salah satunya yaitu dengan memberikan sebuah reward (penghargaan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pemberian reward stickers “Rara dan Nussa” untuk meningkatkan kemandirian anak di TK Miftahul Jepang Mejobo Kudus. Serta mengetahui dampak yang ditimbulkan dari pemanfaatan reward stickers “Rara dan Nussa” untuk meningkatkan kemandirian anak di TK Miftahul Huda Jepang Mejobo Kudus. Dalam penyusunan skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau observasi dengan pendekatan kualitatif deskripsi yaitu semua data yang terkumpul diperoleh dari lapangan dan berbentuk narasi. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini ialah guru kelas A1, kepala sekolah, peserta didik, beserta wali murid. Dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, serta dokumentasi dengan mengamati pelaksanaan pemanfaatan reward stickers untuk meningkatkan kemandirian anak. Uji keabsahan data kualitatif menggunakan data yang kredibel dengan cara triangulasi waktu dan bahan referensi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan analisa yang telah peneliti lakukan, diperoleh hasil bahwa dalam pemanfaatan reward stickers untuk meningkatkan kemandirian anak dilakukan oleh guru kepada anak pada saat anak telah selesai mengerjakan tugas yang diberikannya. Dalam pemanfaatan reward tersebut apabila anak sudah mulai menunjukkan adanya perubahan yang di rasa telah cukup, maka pemberian harus di akhiri. Sedangkan dampak yang ditimbulkan dari pemanfaatan reward stickers tersebut sangat berperan untuk meningkatkan motivasi belajar anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Anak Usia Dini (AUD), Kemandirian, Reward
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Dec 2022 03:20
Last Modified: 12 Dec 2022 03:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7829

Actions (login required)

View Item View Item