Pengembangan Modul RBL (Research Based Learning) Pembuatan Foot Sanitizer Bahan Alami Materi Eubacteria Kelas VII IPA SMP

Haq, Ferriana Diean (2022) Pengembangan Modul RBL (Research Based Learning) Pembuatan Foot Sanitizer Bahan Alami Materi Eubacteria Kelas VII IPA SMP. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (579kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (519kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (284kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (346kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah produk bahan ajar berupa modul RBL pembuatan foot sanitizer sebagai pendamping dalam pembelajaran IPA pada materi eubacteria kelas VII IPA SMP. Pada kehidupan sehari-hari terdapat masalah bau kaki. Pada pembelajaran di sekolah materi eubacteria siswa belum di minta untuk mencipakan produk. Keterampilan abad 21 menjadikan siswa memiliki SDM yang lebih unggul. Berdasarkan hasil wawancara oleh siswa kelas VII yaitu pembelajaran di sekolah pada mata pelajara IPA hanya mencatat saja dan berpegang buku LKS saja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode RnD dengan model 4D (Define, Design, Develop, and Dessimination) yang disederhanakan menjadi 3D (Define, Design, and Develop). Data yang dikumpulkan menggunakan teknik non tes yaitu berupa angket uji validasi ahli media, angket uji validasi ahli materi, angket respon guru IPA dan angket respon siswa. Uji validasi ahli media dan validasi ahli materi dilakukan oleh dosen IAIN Kudus yang memiliki latar belakang sesuai dengan kemampuan pada bidang media dan materi . Penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar dalam bentuk modul sebagai bahan ajar pendamping dalam pembelajaran IPA pada meteri eubacteria kelas VII. Spesifikasi modul yang dikembangkan berupa modul RBL (Research Based Learning) yang disajikan dalam modul yaitu serangkaian tahapan dalam pembelajaran model RBL. Berdasarkan hasil penilaian dari validator ahli media 1 memperoleh nilai 80% dengan kategori “layak”, validator ahli media 2 memperoleh hasil 83% dengan kategori “sangat layak”. Hasil penilaian dari validator ahli meteri 1 91,6% dengan kategori “sangat layak”, validator ahli materi 2 memperoleh hasil 90% dengan kategori “sangat layak”. Hasil respon guru memperoleh nilai 79,5% dengan kategori “layak” dan respon siswa mendaatkan nilai 85,8% dengan kategori “sangat layak”. Dengan demikian modul RBL (Research Based Learning) pembuatan foot sanitizer bahan alami dapat dinyatakan memiliki kelayakan yang Baik atau sangat layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modul, RBL, Foot Sanitizer
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Dec 2022 04:27
Last Modified: 12 Dec 2022 04:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7844

Actions (login required)

View Item View Item