Implementasi Program Sholat Dhuha dalam Mengembangkan Sikap Disiplin Siswa Kelas X di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Karangrowo Wonosalam Demak, 2022

Rahmawati, Aulia (2022) Implementasi Program Sholat Dhuha dalam Mengembangkan Sikap Disiplin Siswa Kelas X di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Karangrowo Wonosalam Demak, 2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (342kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (477kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (887kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (484kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (513kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (437kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB)

Abstract

Sikap disiplin adalah salah satu sikap yang perlu dimiliki oleh siswa. Untuk dapat mengembangkannya, dibutuhkan pembiasaan-pembiasaan hal baik yang mampu memberi dampak positif terhadap siswa sehingga mampu mengembangkan sikap disiplin. Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Karangrowo Wonosalam Demak memilik satu program unggulan yang mampu mengembangkan sikap disiplin siswa. Program tersebut adalah sholat dhuha. Adanya program sholat ini bertujuan untuk melatih siswa agar menjadi disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui standar sikap disiplin siswa kelas X melalui penerapan program sholat dhuha di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Karangrowo Wonosalam Demak, mengetahui faktor pendukung juga faktor penghambat pelaksanaan sholat dhuha di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Karangrowo Wonosalam Demak, dan mengetahui dampak positif program sholat dhuha di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Karangrowo Wonosalam Demak. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian ini diantaranya yaitu Kepala madrasah, Waka kurikulum, Waka kesiswaan dan Siswa kelas X. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan program sholat dhuha dalam mengembangkan sikap disiplin siswa kelas X sudah berjalan dengan baik, meskipun masih terdapat beberapa kekurangan. Pelaksanaan program shoalat dhuha terbagi atas tiga tahapan: perencanaan, pelaksanaa, dan evaluasi. (2) Hal-hal yang menjadi faktor pendukung diantaranya: program sholat dhuha dilaksanakan di luar jam pelajaran, siswa mudah patuh terhadap perintah guru untuk melaksanakan sholat dhuha, serta guru memantau secara langsung dari segi moral dan sikap siswa. Adapun beberapa hal yang menghambat pelaksanaan sholat dhuha yaitu: masih terdapat beberapa siswa yang terlambat, beberapa siswa masih memiliki sikap yang kurang baik, terdapat beberapa guru yang datang terlambat. Diantara upaya yang dilakukan madrasah dalam menangani kendala-kendala yang ada: siswa yng terlambat daam mengikuti sholat dhuha berjamah tetap melaksanakan sholat dhuha sendiri di musholla, dikenakan sanksi berupa denda bagi siswa yang terlambat datang ke madrasah, jika masih sering melanggar, akan mendapat penanganan dari guru BK madrasah. (3) Program sholat dhuha memberikan dampak positif kepada siswa. Siswa menjadi lebih disiplin waktu untuk berangkat ke madrasah lebih awal. Kebiasaan sholat dhuha juga tetap dilaksanakan siswa ketika berada di rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sholat Dhuha, Sikap Disiplin.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Dec 2022 06:56
Last Modified: 12 Dec 2022 06:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7849

Actions (login required)

View Item View Item