Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Finger Painting di TK Mafatihul Ulum Sunggingan Kudus

Solichah, Umi Noor (2022) Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Finger Painting di TK Mafatihul Ulum Sunggingan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (747kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (549kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (625kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (389kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (774kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (376kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (452kB)

Abstract

Kreativitas merupakan kemampuan menciptakan sesuatu yang baru dan penting dipupuk sejak dini. Dengan kreativitas, anak akan belajar memecahkan permasalahan dan produktif di masa dewasanya kelak. Kegiatan finger painting di TK/RA dipahami sebagai kegiatan melukis secara langsung dengan jari tangan di atas bidang gambar dengan cara menggoreskan adonan warna secara bebas. Maka penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan finger painting di TK Mafatihul Ulum Sunggingan Kudus. 2) mengkaji peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan finger painting di TK Mafatihul Ulum Sunggingan Kudus. Metode penelitian yang dipakai oleh peneliti yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif dimana peneliti mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan datanya dengan cara uji kredibility, uji transferability, uji depenability, uji konfirmability. Teknik analisis data yang dipakai oleh peneliti yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Setelah peneliti melakukan penelitian tentang perkembangan kreativitas melalui kegiatan finger painting di TK Mafatihul Ulum Sunggingan, maka peneliti menemukan bahwa 1) pelaksanaan kegiatan finger painting dimulai dengan guru memberikan stimulasi berupa cerita, memperagakan dalam pencampuran warna, mendemostrasikan cara menuangkan warna pada sketsa dan kertas HVS kosong, kemudian anak melakukan finger painting dengan 2 jari dalam sketsa rumah joglo dan gambar dasar negara, dan menggunakan 5 jari dan telapak tangan yang membentuk hewan kucing dan ayam. 2) peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan finger painting yaitu dengan pemberian stimulasi berupa cerita sebagai dasar pengetahun dan inspirasi pelaksanaan finger painting, pemberian contoh, penyediaan sarana atau media finger painting yang memadai yaitu adonan warna primer (merah, kuning, hijau), sketsa, dan kertas HVS, penugasan praktik finger painting dari yang mudah ke sulit, penciptaan suasana yang santai, pendampingan guru, serta pemberian pujian. Hasil karya anak tampak bervariasi dari segi pemilihan warna dan bentuk, menunjukkan anak membuat sesuatu yang baru sesuai imajinasinya masing-masing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, finger painting, anak usia dini
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Dec 2022 02:08
Last Modified: 13 Dec 2022 02:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7870

Actions (login required)

View Item View Item