Peran Bimbingan Orang Tua untuk Memotivasi Belajar Anak dalam Penggunaan Gadget (Studi Kasus Anak Usia 6-12 Tahun di Desa Logede Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang)

Purdiahwatiningrum, Diana (2022) Peran Bimbingan Orang Tua untuk Memotivasi Belajar Anak dalam Penggunaan Gadget (Studi Kasus Anak Usia 6-12 Tahun di Desa Logede Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (825kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (311kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (312kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (383kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (513kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (394kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (517kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (313kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan pokok. Tujuan penelitian ini 1) Untuk mengetahui pengalaman peran orang tua untuk memotivasi belajar anak dalam penggunaan gadget. 2) Untuk mengetahui makna dari dampak penggunaan gadget pada anak usia sekolah dasar terhadap prestasi belajar di sekolah. 3) Untuk mengetahui pengalaman dari cara yang digunakan orang tua untuk memotivasi belajar anak di Desa Logede Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang. Penelitian ini merupakan field research dengan jenis kualitatif. Metode yang digunakan ialah (case study) dengan design holistic single-case studi. Sumber datanya adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data didapatkan dari proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengambilan sampling informan menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis Deviant Case Sampling. Jumlah informan penelitian ini ada 7 orang, adapun informannya yaitu: kepala desa, orang tua, dan anak usia sekolah dasar. Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti ini menunjukkan pengalaman bahwa: 1) Jenis aplikasi yang sering dimainkan anak di dalam gadget (seperti aplikasi YouTube, game online, whatsapp, facebook dan tiktok). 2) Anak menjadi malas belajar karena keasyikan bermain gadget. 3) Dampak yang ditimbulkan dari penggunaann gadget secara terus-menerus (dampak positif dan dampak negatif). 4) Cara memotivasi belajar anak. Sedangkan makna yang terkandung dalam pengalaman orang tua untuk memotivasi belajar anak dalam penggunaan gadget meliputi: 1) Mengawasi dan memberikan batasan waktu saat anak bermain gadget (waktu khusus untuk belajar dan untuk bermain gadget). 2) Memberikan semangat motivasi belajar untuk anak, seperti (menyediakan fasilitas yang nyaman, serta membantu kesulitan belajar yang dialami anak). 3) Membimbing anak tidak dilakukan secara ketat (memberikan pembebasan kepada anak)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Bimbingan Orang Tua, Motivasi Belajar, Anak dan Gadget
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Dec 2022 03:02
Last Modified: 13 Dec 2022 03:02
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7885

Actions (login required)

View Item View Item