Peran Orang Tua dalam Penumbuhan Minat Baca Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid 19

Istiqomah, Dwi Nor (2022) Peran Orang Tua dalam Penumbuhan Minat Baca Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid 19. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (299kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (578kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB)

Abstract

Peran orang tua dalam penumbuhan minat baca anak usia dini sangat penting terutama saat pandemi Covid karena anak banyak belajar dari rumah. Selama ini, kegiatan mengenal aksara dilakukan oleh guru di sekolah sehingga banyak orang tua kini harus mendampingi anak belajar membaca. Peran apa yang harus dilakukan belum banyak diketahui, oleh karena itu penelitian ini bertujuan 1) mengkaji peran orang tua pada penumbuhan minat baca anak ketika pandemi virus Corona 2) mengkaji faktor pendukung serta penghambat dalam pembinaan penumbuhan minat baca anak oleh orang tua ketika pandemi virus Corona. Metode yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah TK Masehi, Guru dan Orang Tua Murid TK masehi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan peran orangtua dalan menumbuhkan minat baca pada anak usia dini meliputi 1) Orang tua berperan dalam tanggung jawab pendidikan serta pembinaan akidah, kesehatan, akhlak, serta intelektual anak melalui pemilihan buku, video, poster, serta pembacaan dongeng yang sesuai dengan berbagai nilai yang diajarkan oleh agama ataupun etika. 2) Orang tua berperan sebagai pembentuk kepribadian dalam tataran mental, yakni menumbuhkan rasa senang terhadap buku, aksara sebagai bekal anak saat dewasa nanti dan disiplin dengan mengusahakan anak belajar secara rutin membaca buku pengenalan aksara, kisah nabi. 3) Orang tua sebagai pembimbing dalam proses belajar membaca serta ini bisa membantu meningkatkan konsentrasi anak 4). Orang tua berperan sebagai partner diskusi ketika anak selesai aktivitas membaca buku dongeng. Sementara terkait dengan faktor pendukung serta penghambat pada pembinaan penumbuhan minta baca anak saat pandemi covid ialah: Penghambat, 1) datang dari lingkungan serta orang tua seperti keluarga yang kurang mendukung hal tersebut yakni dari minimnya perhatian orang tua terhadap minat baca anak, mahalnya harga buku, serta minimnya bahan bacaan, serta di zaman sekarang lebih banyak orang yang mengakses informasi melalui media elektronik seperti televisi serta smartphone, 2) datang dari diri anak sendiri seperti minimnya semangat atau motivasi anak untuk membaca. Pendukung, 1) lingkungan, 2) dari diri sendiri serta 3) dari orang tua, berupa penyediaan buku bacaan, gambar, poster serta video dari youtube oleh orang tua di rumah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Orang Tua, Anak Usia Dini, Minat Baca, Pandemi Covid-19
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Dec 2022 03:18
Last Modified: 13 Dec 2022 03:18
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7888

Actions (login required)

View Item View Item