Herswandi, Axiandy Hendra (2022) Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping dan Diskusi dalam Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Fikih Materi Haji Siswa Kelas V MI NU Salafiyah Gondoharum Kudus Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (757kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (255kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (285kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (452kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (453kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (710kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (850kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (192kB) |
|
Text
9. DAPUS.pdf Download (335kB) |
Abstract
Munculnya pandemi covid-19 di Indonesia, memberikan tantangan di berbagai bidang termasuk bidang pendidikan. Kegiatan pembelajaran yang awalnya dilakukan secara offline (tatap muka) harus diganti dengan sistem daring (online). Dibutuhkan metode pembelajaran yang sesuai agar kegiatan pembelajaran sistem daring dapat berjalan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode mind mapping dan diskusi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi haji kelas V MI NU Salafiyah Jekulo Kudus. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yaitu menjadikan semua populasi sebagai sampel sebanyak 22 siswa kelas V MI NU Salafiyah Jekulo Kudus. Prosedur penelitian terdiri dari tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap pengetesan hasil belajar. Pengumpulan data dengan metode Tes pilihan ganda, observasi, dokumentasi, dan kuesioner dengan skala likert. Metode analisis data berupa uji instrumen validitas dan reliabilitas data, uji normalitas, uji linearitas, dan uji regresi linier berganda. Pengolahan data menggunakan bantuan software SPSS for windows versi 25.0 Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara parsial metode mind mapping berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fiqih siswa materi haji yang dibuktikan dengan nilai sig. lebih kecil dari 0,05 (0,04 < 0,05) dan t hitung > t tabel (2,204 > 1,729). Adapun metode diskusi secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap hasil belajar fiqih siswa materi haji dibuktikan dengan nilai sig. lebih besar dari 0,05 (0,122 > 0,05) dan t hitung < t tabel (1,621 < 1,729). Pengujian secara simultan (Uji F) didapatkan bahwa metode mind mapping dan diskusi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar fiqih siswa materi haji, dibuktikan dengan nilai sig. lebih keci dari 0,05 (0,003 < 0,005) dan nilai F hitung > F tabel (7,805 > 3,13). Pengujian koefisien determinasi menunjukkan metode mind mapping dan diskusi memiliki pengaruh sebesar 31% terhadap hasil belajar fiqih siswa materi haji, sedangkan sisanya 69% dipengaruhi variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode mind mapping, metode diskusi, hasil belajar siswa |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 04:06 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 04:06 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7895 |
Actions (login required)
View Item |