Amalia, Khilda (2022) Upaya Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini Di RA Muslimat NU Sholahiyah Pedawang Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (5MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (458kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (382kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (669kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (626kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (609kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (456kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (594kB) |
Abstract
Keterampilan motorik halus anak yakni keahlian mengkoordinasikan gerakan tangan dengan mata yang mengaitkan gerak otot- otot kecil (halus). Keterampilan motorik anak melatih keahlian bantu diri sehingga anak menjadi mandiri dan siap memasuki dunia pendidikan dan tercapai secara maksimal. Skripsi ini membahas tentang upaya guru dalam mengembangkan keterampilan motorik halus anak usia dini di RA Muslimat NU Sholahiyah Pedawang Bae Kudus, penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1). Menganalisis upaya guru dalam mengembangkan keterampilan motorik halus anak usia dini di Raudhatul Athfal Muslimat NU Sholahiyyah Bae Kudus 2). Menganalisis proses pembelajaran dalam mengembangkan keterampilan motorik halus anak usia dini di Raudhatul Athfal Muslimat NU Sholahiyyah Bae Kudus. 3). Menganalisis faktor-faktor pendukung, penghambat dan solusi dalam mengembangkan keterampilan motorik halus pada anak usia dini di Raudhatul Athfal Muslimat NU Sholahiyyah Bae Kudus. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini, yaitu penelitian lapangan (field research), pendekatan yang digunakan yakni pendekatan kualitatif deskriptif. Setting penelitian di RA Muslimat NU Sholahiyah Pedawang Bae Kudus. Subjek penelitian yakni Kepala sekolah dan guru-guru kelas B. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer/pokok dan sumber data sekunder/pelengkap. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumen. Uji keabsahan data yang digunakan adalah uji kredibilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah data redukt (reduksi data), data display (penyajian data), conclusion drawing/verification, Hasil dari penelitian ini adalah: 1). Upaya guru dalam mengembangkan keterampilan motorik halus anak dengan memberikan materi yang sederhana serta dapat diterima oleh anak, dalam proses kegiatan pembelajaran guru mendampingi secara penuh, sehingga anak sudah memiliki keterampilan motorik halus yang baik. 2). Proses yang dilakukan ditunjukkan dengan pembelajaran mengacu pada tema dengan langkah memberikan penjelasan pada anak, serta memberikan contoh kepada anak, kemudian melaksanakan kegiatan. 3). faktor pendukung, faktor penghambat dan solusi dalam mengembangkan keterampilan motorik halus pada anak usia dini, berdasarkan hasil penelitian : a). faktor pendukung, adanya guru-guru yang berpengalaman sehingga proses kegiatan belajar mengajar terangkup dengan baik. b). faktor penghambat dan solusi, guru harus komunikatif dalam melakukan pembelajaran, solusi yang dilakukan sangat variatif dengan memberikan pembelajaran pada anak tidak hanya dengan kertas melainkan dengan alam dan bahan yang dapat digunakan seperti daun kering, sedotan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru, Keterampilan Motorik Halus Anak |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 04:10 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 04:10 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7896 |
Actions (login required)
View Item |