Minan, Ahmad (2022) Evaluasi Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Quran Hadist Kelas IX di MTs. NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus Tahun 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (332kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (275kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (380kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (719kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (409kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (600kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (297kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (344kB) |
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Proses pembelajaran daring di MTs NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus. (2) Evaluasi pembelajaran daring mata pelajaran Quran Hadist Kelas IX di MTs. NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus. (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran Quran Hadits kelas IX di MTs NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kulitatif dengan menggunakan paradigma naturalistik. Lokasi penelitian di MTs. NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus sebagai sumber data untuk mendapatkan potret evaluasi pembelajaran daring mata pelajaran Quran Hadist kelas IX. Data tersebut diperoleh dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan interaktif dan berlangsung secara terus menerus, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pelaksanakan Proses Program pembelajaran daring pada mata pelajaran Quran Hadits di MTs. NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus ini guru membuat video atau rekaman yang selanjutnya di upload ke channel Youtube. Selanjutnya guru membagikan tautan video kepada siswa melalui media WhatsApp. Selanjutnya guru membuat soal-soal melalui google form sebagai langkah evaluasi dalam program pembelajaran daring. (2) Evaluasi program pembelajaran daring pada mata pelajaran Quran Hadits kelas IX yakni evaluasi semester meliputi penilaian tengah semester, penilaian akhir semester, dan penilaian harian serta penilaian terhadap pengajaran guru sebagai sarana evaluasi program pembelajaran, guru pengampu menilai dari google form saja, tetapi juga pantauan mengikuti program pembelajaran yang dilaksanakan melalui daring, guru membuat soal untuk dirangkai dalam aplikasi google form. Soal yang dibuat dengan ketentuan materi disesuaikan dengan materi tingkat kelas IX. Setelah itu penyebaran soal evaluasi tersebut nantinya dikirim ke grup kelas IX untuk serentak dilaksanakan evaluasi mata pelajaran Quran Hadits yang telah ditentukan jadwal ujiannya, dan sesuai materi dan ketentuan pencapaian materi sesuai kelas IX. 3) Faktor pendukung dalam program pembelajaran daring pada mata pelajaran Quran Hadits kelas IX meningkatkan profesionalisme guru dalam bidang teknologi, meningkatkan komunikasi dengan orang tua dan siswa, meningkatkan motivasi belajar siswa, memberikan bantuan fasilitas kepada siswa yang kurang mampu secara finansial, orang tua diharuskan selalu memperhatikan perkembangan Proses Program pembelajaran anak, dan yang terakhir adalah meningkatkan kedisiplinan siswa dalam belajar. Faktor penghambatnya antara lain dari pendidik yakni, penguasaan teknologi yang masih rendah, keterbatasan guru dalam mengontrol proses pembelajaran, dan kurangnya keefektifan proses pembelajaran. Selain itu faktor siswa, seperti, motivasi belajar yang rendah, pemahaman materi yang rendah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Pembelajaran Daring, Quran Hadist |
Subjects: | Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 02:00 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 02:00 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7903 |
Actions (login required)
View Item |