Rozaq, Kurnia Fathur (2022) Implementasi Model Pembelajaran SAVI Berbasis Wayang untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Mata Pelajaran SKI Kelas IX di MTs Matholi’ul Huda Pucakwangi. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (397kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (354kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (385kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (457kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (410kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (524kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (424kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (340kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta faktor pendukung dan faktor penghambat Implementasi Model Pembelajaran SAVI Berbasis Wayang untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Mata Pelajaran SKI Kelas IX di MTs Matholi’ul Huda Pucakwangi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data dan teknik analisisnya menggunakan deskriptif presentase. Hasil penelitian ini meliputi: (1) Perencanaan Implementasi Model Pembelajaran SAVI Berbasis Wayang untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Mata Pelajaran SKI Kelas IX yaitu membuat silabus dan RPP yang berisi tujuan pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas siswa; menetapkan materi berupa materi Walisongo dan materi yang menggunakan wayang yaitu “Kisah Dakwah Sunan Kalijaga Menyamar Menjadi Penjual Rumput”, menetapkan model pembelajaran SAVI; dan menggunakan media pembelajaran berupa wayang. (2) Pelaksanaan Implementasi Model Pembelajaran SAVI Berbasis Wayang untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Mata Pelajaran SKI Kelas IX dilakukan 3 kali pertemuan yaitu pertemuan 1 (model SAVI menggunakan wayang): peneliti menerapkan model SAVI menggunakan wayang melalui cerita yang disiapkan yaitu “Kisah Dakwah Sunan Kalijaga Menyamarkan sebagai Penjual Rumput” kemudian siswa diminta mencoba mempraktekkan di depan kelas; dan pertemuan 2 (model SAVI menggunakan wayang): siswa mempraktekkan cerita “Kisah Dakwah Sunan Kalijaga Menyamarkan sebagai Penjual Rumput” di depan kelas kemudian dinilai oleh peneliti. (3) Evaluasi Implementasi Model Pembelajaran SAVI Berbasis Wayang untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Mata Pelajaran SKI Kelas IX di MTs Matholi’ul Huda Pucakwangi menghasilkan 2 penilaian yaitu hasil belajar dan peningkatan kreativitas siswa. Hasil belajar siswa setelah Implementasi Model SAVI berbasis wayang mengalami peningkatan signifikan sebesar 95,83% dibandingkan saat Implementasi Model Konvensional yang hanya 54,167%. Kreativitas siswa setelah Implementasi Model SAVI berbasis wayang mengalami peningkatan signifikan sebesar 79,44% dibandingkan saat Implementasi Model Konvensional yang hanya 35,27%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SAVI, Wayang, Kreativitas |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 02:25 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 02:25 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7908 |
Actions (login required)
View Item |