Rohmawati, Nor Naili (2022) Implementasi Habituasi Nilai Kedisiplinan Melalui Metode Keteladanan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Pertiwi 01 Prambatan Lor Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (926kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (293kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (323kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (376kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (459kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (391kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (658kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (296kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (323kB) |
Abstract
Skripsi ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui pembiasaan nilai kedisiplinan pada anak, serta faktor pendukung dan penghambat pembiasaan nilai kedisiplinan di TK Pertiwi 01 Prambatan Lor Kaliwungu Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Subyek penelitian ini adalah anak usia dini kelompok B usia 5-6 tahun. Sedangkan sumber data diperoleh berasal dari Kepala sekolah, guru kelas A, guru kelas B dan wali murid kelas B. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan penelitian ini yaitu dengan menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan verifikasi (conclusion drawing). Metode keteladanan adalah salah satu metode yang dapat diterapkan pada anak sejak dini untuk menumbuhkan nilai kedisiplinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk penumbuhan karakter pada anak sangat penting untuk dikembangkan dan dikenalkan sejak dini. Penanaman sikap disiplin juga harus ditanamkan sejak dini agar anak didik menjadi pribadi yang cerdas dan disiplin saat dewasa kelak. Dari memberikan contoh baik apalagi pada nilai kedisiplinan pada anak dapat menumbuhkan sikap disiplin anak seperti disiplin hadir tepat waktu, mengaji sebelum masuk kelas, meletakkan sepatu di rak sepatu, minum dan toilet training sebelum pembelajaran dimulai, mengembalikan mainan setelah dipakai, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan dilanjutkan dengan berdo’a sebelum dan sesudah makan, membuang sampah pada tempatnya. Pemberian contoh baik pada anak disekolah dapat diberikan melalui kegiatan harian yaitu kegiatan yang dilakukan selama sekolah masuk. Kegiatan memberikan keteladanan ini tentunya mempunyai faktor yang mempengaruhi. Faktor yang mempengaruhi penerapan kedisiplinan melalui metode keteladanan ini terbagi menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Untuk faktor internal yaitu keadaan fisik dan psikis pada anak sedangkan dari faktor ekternal yaitu kondisi keluarga dan lingkungan anak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembiasaan, Kedisiplinan, Metode Keteladanan |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 02:30 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 02:30 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7911 |
Actions (login required)
View Item |