Implementasi Habituasi Nilai Kejujuran Melalui Metode Mendongeng pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Tunas Rimba VI Gabus Pati

Leviana, Annisa Lailatul (2022) Implementasi Habituasi Nilai Kejujuran Melalui Metode Mendongeng pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Tunas Rimba VI Gabus Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (290kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (489kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (452kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (296kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (787kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (287kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)

Abstract

Pendidikan sangat penting bagi anak didik khususnya dalam pembentukan karakternya. Salah satu pendidikan yang penting bagi anak yaitu pendidikan antikorupsi. Sebab praktik pelanggaran moral seperti ketidakjujuran, tidak tanggung jawab, dan rendahnya kedisiplinan masih marak terjadi di Indonesia dan pada anak didik. Level tingkat kejujuran pada anak usia dini juga masih ditemukan seperti jika terjadi kesalahan tidak mau mengakuinya, mainan miliknya tidak dirawat dengan baik, tidak terbiasa berkata yang sesungguhnya, dan saat ada siswa yang baik dia sulit untuk menerimanya dengan mengambil barang yang bukan miliknya. Dengan adanya pendidikan antikorupsi pada anak didik akan mengajarkan hal-hal yang baik seperti mengajarkan anak dengan berkata jujur. Untuk melatih kejujuran pada anak ini juga harus menggunakan cara yang tepat salah satunya dengan metode mendongeng atau bercerita. Dengan metode mendongeng dapat mengembangkan nilai-nilai moral, agama, social, dan budaya. Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui pelaksanaan pembiasaan nilai kejujuran melali metode mendongeng untuk anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Rimba VI Gabus Pati. Serta mengetahui faktor pendukung dan faktor pembahambat dari pembiasaan nilai kejujuran melalui metode mendongeng untuk anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Rimba VI Gabus Pati. Dalam penyusunan skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau observasi dengan pendekatan kualitatif deskripsi yaitu semua data terkumpul diperoleh dari langan dan berbentuk narasi. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini ialah wali kelas A dan wali murid kelas A. dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan mengamati pelaksanaan pembiasaan nilai kejujuran melalui metode mendongeng untuk anak usia 4-5 tahun. Uji keabsahan data kualitatif menggunakan data yang kredibel dengan cara triangulasi dan bahan referensi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan observasi yang telah peneliti lakukan diperoleh hasil bahwa dalam pelaksanaan pembiasaan nilai kejujuran melalui metode mendongeng yang dilakukan oleh guru dilakukan setelah selesai mengerjakan tugas. Dari pelaksanaan pembiasaan nilai kejujuran melalui metode mendongeng anak mulai terbiasa melakukan sikap jujur seperti anak mengakui kesalahan, anak mengembalikan barang yang bukan miliknya, dan menjaga barang milik bersama. Sedangkan faktor pendukung dalam pelaksanaan pembiasaan nilai kejujuran melalui metode mendongeng ini yaitu dengan adanya penggunaan alat peraga seperti boneka tangan dan penggunaan metode audio visual. Dan faktor penghambat pelaksanaan pembiasaan nilai kejujuran melalui metode mendongeng ini adalah kurangnya konsentrasi anak, anak mudah bosan, dan bermain sendiri dengan temannya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan, Kejujuran, Metode Mendongeng
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Dec 2022 02:35
Last Modified: 14 Dec 2022 02:35
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7913

Actions (login required)

View Item View Item