Widyastuti, Sri Wahyuni (2022) Implementasi “Pojok Literasi” Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas I A Di MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01.COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02.ABSTRAK.pdf Download (334kB) |
|
Text
03.DAFTAR ISI.pdf Download (196kB) |
|
Text
04.BAB I.pdf Download (566kB) |
|
Text
05.BAB II.pdf Download (644kB) |
|
Text
06.BAB III.pdf Download (485kB) |
|
Text
07.BAB IV.pdf Download (889kB) |
|
Text
08.BAB V.pdf Download (357kB) |
|
Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (455kB) |
Abstract
Alasan peneliti dalam melakukan penelitian ini yakni bahwa sebagian besar Negara Indonesia kemampuan membaca siswa masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dalam hasil kajian Program for International Student Assessment (PISA) yang menunjukkan Indonesia menempati peringkat kedua terbawah dibandingkan dengan negara-negara lainnya yang mana kemampuan membaca Indonesia menduduki urutan ke 57 dari 65 negara di dunia. Oleh karena itu, kemampuan membaca di Indonesia harus mendapatkan perhatian khusus terutama berkaitan dengan siswa di sekolah. Hal tersebut juga sesuai dengan permasalahan yang dialami siswa khususnya kelas I A di MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus, yang mana tingkat kemampuan membacanya dapat dikatakan masih rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan penerapan pojok literasi untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I A di MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus?, (2) Bagaimana kemampuan membaca siswa kelas I A di MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus?, (3) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan pojok literasi untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I A di MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus?. Fokus dari penelitian ini adalah penerapan pojok literasi dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I A di MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus yang berguna untuk mengasah keterampilan dan perkembangan dalam membaca. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Peneliti dalam mengumpulkan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Simpulan hasil penelitian yang telah dilakukan adalah pojok literasi dilaksanakan sebanyak dua kali dalam seminggu dengan durasi waktu 15 menit ketika pergantian jam pelajaran, tingkat kemampuan membaca siswa kelas I A sangat variatif yakni ada beberapa siswa yang masih kesulitan dalam membaca dan secara menyeluruh siswa kelas I A dalam membaca sudah tergolong lancar. Lancar disini diartikan sudah lancar membaca tanpa mengeja, lancar membaca dengan cara mengeja, dan lancar membaca dengan membutuhkan waktu dalam memahami huruf. Dari 15 jumlah siswa kelas I A, ada 3 siswa yang masih kesulitan dalam membaca. Hal ini disebabkan oleh faktor orang tua yang sibuk dan latar belakang pendidikan dari siswa itu sendiri. Adapun faktor pendukung pojok literasi yakni guru, orang tua, sumber dana madrasah, program madrasah, komite madrasah, minat membaca, dan banyaknya referensi buku. Sedangkan faktor penghambat pojok literasi yakni kurangnya keamanan, mood anak, kemampuan literasi rendah, manajemen waktu yang singkat, kurangnya inovasi guru, tempat yang sempit, dan terbatasnya jumlah buku.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pojok Literasi, Kemampuan Membaca |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 03:36 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 03:36 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7925 |
Actions (login required)
View Item |