PANDANGAN MASYARAKAT TERHADAP HUTANG DENGAN SISTEM GADAI DAN BAGI HASIL SAWAH (STUDI KASUS DI DESA SUMBERSARI, KECAMATAN KAYEN, KABUPATEN, PATI)

Miftahurrohmah, Laili (2016) PANDANGAN MASYARAKAT TERHADAP HUTANG DENGAN SISTEM GADAI DAN BAGI HASIL SAWAH (STUDI KASUS DI DESA SUMBERSARI, KECAMATAN KAYEN, KABUPATEN, PATI). Undergraduate thesis, Stain Kudus.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Bagaimana praktek utangpiutang dengan sistem gadai dan bagi hasil sawah di Desa Sumbersari, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati. 2). bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktek utang-piutang dengan sistem gadai dan bagi hasil sawah di Desa Sumbersari, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan metode penelitian fielt research (penelitian lapangan) yang disajikan secara diskriptif kualitatif. Kemudian data yang terkumpul akan diadakan penganalisaan dengan pendekatan kualitatif, deduktif untuk mengetahui praktek hutang dengan sistem gadai dan bagi hasil sawah di Desa Sumbersari, Kecamatan Kayen, kabupaten Pati. Hasil penelitian tentang hutang dengan sistem gadai dan bagi hasil sawah di Desa Sumbersari, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati adalah : 1). Pelaksanaan utang-piutang dengan sistem gadai dan bagi hasil di Desa Sumbersari adalah dengan pihak pertama (penghutang) mendatangi pihak ke dua (pemberi hutang) untuk tujuan berhutang sejumlah uang kepada pihak kedua, dengan cara menggadaikan tanahnya kepada pihak kedua, lalu pihak kedua memberikan hutang kepada pihak pertama sejumlah uang, dengan mengambil sertifikat tanah yang digadaikan tersebut tanpa mengambil tanah yang digadai tersebut dan pihak pertama tetap menggarap sawah tersebut dengan modalnya sendiri akan tetapi setiap panen pihak pertama memberikan sepertiga dari hasil panennya kepada pihak kedua. 2). Dalam praktek hutang dengan sistem gadi dan bagi hasil tersebut Terjadi pro dan kontra atau perbedaan pendapat dikalangan ulama Desa Sumbersari tentang kebolehan praktek hutang dengan sistem gadai dan bagi hasil sawah di Desa Sumbersari, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati. Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, masyarakat Desa Sumbersari khususnya pelaku hutang dengan sistem gadai dan bagi hasil sawah, para peneliti dan semua pihak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: hutang dengan sistem gadai dan bagi hasil sawah
Subjects: Fiqih > Mu`alamat
Fiqih > Mu`alamat > Pinjam Meminjam
Fiqih > Mu`alamat > Perjanjian
Divisions: Syariah > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 12 Mar 2017 04:55
Last Modified: 12 Mar 2017 04:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/808

Actions (login required)

View Item View Item