Suhoela, Suhoela (2022) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Permulaan Huruf Hijaiyah Menggunakan Media Kartu Huruf Bergambar Pada Anak Usia Dini Kelompok A2 RA Sirojul Huda Wuwur Gabus Pati Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (265kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (191kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (697kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (700kB) |
|
Text
6.BAB III.pdf Download (468kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (529kB) |
|
Text
8.BAB V.pdf Download (360kB) |
|
Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (297kB) |
Abstract
Dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa anak-anak cenderung lebih menghafal huruf hijaiyah dibandingkan mengenal hurufnya. Selain itu masih kurangya penggunaan media pembelajaran atau alternatif lain, sehingga pembelajaran menjadi membosankan dan pembelajaran yang dilakukan menjadi kurang efektif. Peningkatan kemampuan mengenal permulaan huruf hijaiyah pada anak didik di RA Sirojul Huda Wuwur Gabus Pati ini bertujuan: 1) untuk mendiskripsikan kondisi kemampuan mengenal permulaan huruf hijaiyah anak didik di RA Sirojul Huda Wuwur Gabus Pati; 2) untuk mendiskripsikan kondisi media kartu huruf bergambar pada anak didik di RA Sirojul Huda Wuwur Gabus Pati; dan 3) untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan mengenal permulaan huruf hijaiyah dengan menggunakan media kartu huruf bergambar di RA Sirojul Huda Wuwur Gabus Pati. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak usia dini Kelompok A2 usia 4-5 tahun berjumlah 15 anak, sedangkan sumber data diperoleh dari Kepala Sekolah, Guru Kelas dan Anak Usia Dini. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang peneliti analisis menunjukkan bahwa: (1) kondisi kemampuan mengenal permulaan hijaiyah pada anak usia dini Kelompok A2 usia 4-5 tahun masih mengalami kesulitan dalam mengenal atau memahami tulisan huruf hijaiyah yang hurufnya hampir sama, membedakan huruf yang hampit sama. (2) kondisi media kartu huruf hijaiyah bergambar adalah kondisinya sangat baik dengan adanya media yang disediakan oleh guru dan guru memberikan pembelajaran dengan sangat menarik dan tidak membosankan, sehinga media kartu huruf bergambar ini menjadi dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah yang awalnya hanya digunakan sebagai media huruf bergambar buah-buahan, huruf latin, dan sekarang diterapkan dalam pengenalan huruf hijaiyah. (3) Peningkatan kemampuan mengenal permulaan huruf hijaiyah mengunakan media kartu huruf bergambar ini meningkat secara baik dari yang awalnya anak belum bisa memahami huruf hijaiyah yang hampir sama bentuknya menjadi bisa membedakan, dan menyebutkannya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Mengenal Permulaan Huruf Hijaiyah, Media Kartu Huruf Bergambar |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 02:57 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 02:57 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8116 |
Actions (login required)
View Item |