Peran Kepala Madrasah Dalam Membangun Mutu Kompetensi Pedagogik Guru MI Nihhayaturroghibin Sundoluhur Kayen Pati Tahun Pelajaran 2021/2022

Lutfiatin, Nurul Nikmah Rahma (2022) Peran Kepala Madrasah Dalam Membangun Mutu Kompetensi Pedagogik Guru MI Nihhayaturroghibin Sundoluhur Kayen Pati Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (209kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (338kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (518kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (307kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (521kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (267kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (383kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana peran Kepala Madrasah dalam membangun mutu kompetensi pedagogik guru MI Nihhayaturroghibin Sundoluhur Kayen Pati Tahun Pelajaran 2021/2022, (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Kepala Madrasah dalam membangun mutu kompetensi pedagogik guru MI Nihhayaturroghibin Sundoluhur Kayen Pati Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu suatu langkah sistematis yang menghasilkan data berupa pemaparan secara mendalam yang bersumber lisan, tulisan, dokumentasi serta observasi dari suatu individu maupun kelompok dalam setting tertentu yang diolah dari sudut pandang secara utuh, komprehensif dan holistik. Jenis penelitian ini berupa penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian yaitu kepala madrasah dan guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini yaitu triangulasi (cross check), menggunakan bahan referensi dan mengadakan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran kepala Madrasah dalam membangun mutu madrasah yaitu kepala madrasah melakukan pembinaan yang berupa pembinaan intern dan in house traning, serta membentuk KKG intern dan rapat koordinasi, supaya dapat membekali pengetahuan dan wawasan guru yang memiliki kekurangan bisa memperbaiki menjadi lebih baik lagi, sehingga dapat menjadikan guru yang berprofesional dan berkualitas. Selain itu, guru yang memiliki kompetensi pedagogik mampu mengemas pembelajaran dan mampu mengelola pembelajaran sehingga pembelajaran berjalan secara efektif dan efisien. Guru juga mampu membuat perangkat pembelajaran, media pembelajaran, dan menyisipkan strategi pembelajaran yang di dapat dari pembinaan kepala madrasah, sehingga kepala madrasah dalam membangun mutu madrasah dapat berjalan dengan baik. (2) Dalam membangun mutu madrasah terdapat dua faktor yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Pertama Faktor pendukung kepala madrasah dalam membangun mutu madrasah diantaranya: (a) letak madrasah strategis, (b) kerja sama antara komite dan madrasah terjalin dengan baik, (c) seluruh guru sudah sarjana, (d) terdapat tenaga kependidikan yang sudah memadai seperti TU, bendahara, penjaga perpustakaan, keamanan, serta tukang kebun. Kedua faktor penghambat kepala madrasah dalam membangun mutu madrasah diantaranya: (a) kedisiplinan guru kurang maksimal. (b) tuntutan SNP yang terlalu tinggi, (d) sarana buat AMBK serta AKMI sangat minim dan terbatas, (e) kurangnya kesejahteraan guru, dan (f) banyaknya ijazah guru yang tidak liner.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepala Madrasah, Mutu, Kompetensi Pedagogik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Jan 2023 02:17
Last Modified: 04 Jan 2023 02:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8126

Actions (login required)

View Item View Item