Implementasi Metode Hypnoteaching dalam Kegiatan Belajar Mengajar pada Kelas III di MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus

Munawaroh, Dewi Anisatul (2022) Implementasi Metode Hypnoteaching dalam Kegiatan Belajar Mengajar pada Kelas III di MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (214kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (233kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (421kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (686kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (376kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (633kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (218kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (373kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research).Subyek penelitian yaitu kepala madrasah, wali kelas III, guru kelas III yang mengajar dengan metode hypnoteaching, waka kurikulum, dan peserta didik kelas III.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara (interview), pengamatan (observasi), dan dokumentasi.). Uji keabsahan data dalam penelitian ini yaitu uji kredibilitas, uji transferability, dan uji dependability. Hasil penelitian yaitu: 1) implementasi metode hypnoteaching dalam kegiatan belajar mengajar pada kelas III di MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae berdasarkan hasil penelitian yaitu implementasi metode hypnoteaching dalam kegiatan belajar mengajar pada kelas III diterapkan pada mata pembelajaran PPKN, Bahasa Indonesia dan SKI. Implementasi metode hypnoteaching dalam kegiatan belajar mengajar dengan mengkolaborasi dengan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Penerapannya dengan membuat peserta didik fokus dan antusias, memberikan kata-kata positif kepada peserta didik agar semangat belajar. Cara memfokuskan pikiran peserta didik dengan memberikan sugesti kepada peserta didik. Selain itu guru juga mengimplementasikan metode hypnoteaching dengan enam langkah yaitu niat dan motivasi, pacing (menyamakan gerak, tubuh atau bahasa), leading (memimpin atau mengarahkan untuk peserta didik membentuk kelompok, kata- kata positif (kata-kata untuk memotivasi peserta didik), ajarkan dan pujian dan terakhir modeling (pemberian contoh berupa guru mencontohkan yang baik dan menjaga sikap selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. 2) faktor penghambat dan faktor pendukung dari implementasi metode hypnoteaching dalam kegiatan belajar mengajar pada kelas III di MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus berdasarkan hasil penelitian yaitu faktor penghambat implementasi metode hypnoteaching yaitu kesiapan, kematangan guru dalam menguasai materi pembelajaran, konsentrasi peserta didik, karakter peserta didik yang berbeda, dan kurangnya durasi waktu dalam pembelajaran saat implementasi metode hypnoteaching. Faktor pendukung implementasi metode hypnoteaching yaitu konsentrasi dan antusias peserta didik, sarana dan prasarana yang memadai, situasi kelas yang kondusif dan kondisi madrasah yang tenang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode hypnoteaching, Peserta didik, dan Kegiatan Belajar Mengajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Jan 2023 02:31
Last Modified: 04 Jan 2023 02:31
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8128

Actions (login required)

View Item View Item