Implementasi Bimbingan Kelompok Melalui Tehnik Home Room Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas X Di MA Mazroatul Huda Wonorenggo Demak

Rahmatika, Laila Syifa (2022) Implementasi Bimbingan Kelompok Melalui Tehnik Home Room Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas X Di MA Mazroatul Huda Wonorenggo Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (369kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (387kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (704kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (744kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (412kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (766kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (451kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui implementasi bimbingan kelompok melalui tehnik home room untuk meningkatkan kedisiplinan siswa, mengetahui faktor penghambat dan pendukung dari layanan bimbingan kelompok melalui tehnik home room di MA Mazroatul Huda Wonorenggo Demak, mengetahui dampak setelah pelaksanaan bimbingan kelompok melalui tehnik home room terkait kedisiplinan siswa kelas X di MA Mazroatul Huda Wonorenggo Demak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan ialah tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dalam analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini ialah, implementasi bimbingan kelompok melalui tehnik home room sudah dilaksanakan oleh guru BK dengan cukup baik, Adapun faktor pendukung dari implementasi bimbingan kelompok di MA Mazroatul Huda Wonorenggo ialah guru bk yang kompeten, siswa yang ikut serta dalam layanan tersebut, dukungan dari kepala madrasah serta bapak ibu guru lainnya, sedangkan faktor penghambat dari implementasi layanan bimbingan kelompok ialah diawal pemberian layanan siswa masih malu-malu siswa belum antusias, penyesuaian waktu, daya pemahaman siswa yang berbeda-beda, fasilitas yag tersedia kurang memadahi. Adapun dampak setelah pelaksanaan bimbingan kelompok terkait kedisiplinan siswa ialah layanan bimbingan kelompok ini merupakan layanan yang paling efektif untuk diterapkan kepada siswa kelas X, hal ini dilihat dari hasil perubahan sikap siswa dari sebelum diberikan layanan ini yang menunjukkan sikap kedisiplinan yang rendah, ketika setelah diberikan layanan bimbingan kelompok oleh guru BK siswa memperlihatkan perubahan sikap sedikit demi sedikit menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Tehnik Home Room, Kedisiplinan Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:33
Last Modified: 24 Jan 2023 03:33
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8172

Actions (login required)

View Item View Item