Implementasi Pembelajaran Kitab Ta’lim Al-Muta’allim dalam Meningkatkan Moral Developmentdi MTs NU Tasywiqut Thullab Salafiyah Kudus

Malik, Abdul (2022) Implementasi Pembelajaran Kitab Ta’lim Al-Muta’allim dalam Meningkatkan Moral Developmentdi MTs NU Tasywiqut Thullab Salafiyah Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (452kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (304kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (375kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (651kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (372kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (701kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (303kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (494kB)

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan pembelajaran kitab Ta’lim Al-Muta’allimdi MTs NU TBS Kudus. (2) Cara meningkatkan moral developmentdi MTs NU TBS Kudus.(3) Kendala dan solusi yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran kitab Ta’lim Al-Muta’allim dalam meningkatkan moral developmentdi MTs NU TBS Kudus. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kulitatif, yakni jenis penelitian yang temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya, tapi dengan menggunakan paradigma naturalistik, yaitu penelitian yang dilaksanakan dalam konteks natural atau wajar, yang kemudian dapat memberikan kejelasan terhadap kenyataan atau realitas. Lokasi penelitian di MTs NU TBS Kudus sebagai sumber data untuk mendapatkan potret pelaksanaan pembelajaran kitab Ta’lim Al-Muta’allim dalam meningkatkan moral development. Data diperoleh dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data dianalisis secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran kitab Ta’lim Al-Muta’allim di MTs. NU TBS Kudus ini lebih diutamakan oleh para kyai, karena pelajaran salaf itu materi keagamaan murni atau seperti di pondok pesantren. Adapun dalam pembelajaran, pelajaran salaf itu dilaksanakan dengan sistem membaca kitab, memaknai gandul, menghafal nadhoman dari kitab agar mereka mampu memahami materi yang telah disampaikan, terutama akhlak ta’lim al-muta’allim. (2) Peningkatan moral developmentdi MTs NU Tasywiqut Thullab Salafiyah Kudus yaitu senantiasa memberi pengarahan siswa untuk senantiasa berlaku sopan dan tata krama terhadap guru. Selain itu juga adanya unggah-ungguh atau tawadu‘ terhadap gurunya sendiri meskipun di lingkungan sekitar seperti halnya teman sendiri, dan juga semua orang harus menjaga kesopanan dan tawadhu‘ kepada mereka. Hijrah sikap inilah sebagai sebuah peningkatan, dan muhasabah tentang perilaku masing-masing.(3) Kendala yang dihadapi yaitu ada beberapa siswa menguasai materi kitab salaf lain, ada belum bisa menguasai bahasa jawa. Selain itu ada faktor external dan faktor internal. Solusinya yaitu guru tersebut harus memberikan materi tambahan agar siswa dapat memahami dari materi kitab Ta’lim Al-Mutaallim, selain itu ketika pembelajaran penyampaiannya menggunakan dua bahasa yakni menggunakan bahasa jawa dan kemudian dijelaskan dengan keterangan dengan menggunakan bahasa Indonesia, juga tetap eksis mempertahankan ilmu salaf atau muatan lokal tersebut, karena ilmu tersebut menjaga tradisi kesalafan dari madrasah dan juga menghimbau para siswa untuk selalu semangat dalam menimba ilmu salaf.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kitab Ta’lim Al-Muta’allim, Moral Development.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Jan 2023 06:46
Last Modified: 24 Jan 2023 06:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8175

Actions (login required)

View Item View Item