Implementasi Kurikulum Pesantren Dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Siswa Di Smk Islam Al-Fadhila Wonosalam

Nada, Alfa Syifa' Qothrun (2022) Implementasi Kurikulum Pesantren Dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Siswa Di Smk Islam Al-Fadhila Wonosalam. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (274kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (379kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (474kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (411kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (947kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (295kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum pesantren dan kompetensi kepribadian yang diajarkan untuk siswa serta faktor pendukung dan penghambat dari kurikulum pesantren yang telah lama diterapkan di SMK Islam Al-Fadhila Wonosalam Demak. Pendekatan dan metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dari latar belakang yang telah diuraikan, peneliti sangat tertarik dengan obyek penelitian karena sekolah menengah kejuruan ini tidak hanya berfokus pada pendidikan formal ataupun kejuruannya saja, melainkan juga mengkombinasikan penerapan kurikulum pesantren sebagai bentuk kegiatan keagamaan yang pada umumnya sering ditemukan di Madrasah Aliyah maupun pesantren-pesantren yang ada di Indonesia. Ada tiga temuan dalam peneitian ini, yaitu: (1) Implementasi kurikulum pesantren yang diterapkan di SMK Islam Al-Fadhila Wonosalam Demak, adalah sebagai berikut: Seragam sarung, Budaya siswa bersalaman dengan guru piket pada saat masuk kelas, Berdoa dan membaca Asma'ul-Husna sebelum kegiatan belajar mengajar, Program tahfidh untuk kelas unggulan, Istighosah rutinan setiap bulan sekali, Istighosah Sabtu Legi, Pengajian dan rebana setiap malam Jum’at, Jum'at bersih, Pengajian akbar dalam rangka memperingati hari besar agama Islam dan Pesantren kilat. (2) Kompetensi kepribadian yang diajarkan untuk siswa di SMK Islam Al-Fadhila Wonosalam Demak, meliputi: Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Semangat, Cinta tanah air, Saling menghargai, Komunikatif, Cinta damai, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Loyalitas dan Tanggung jawab. (3) Faktor pendukung dan penghambat kurikulum pesantren di SMK Islam Al-Fadhila Wonosalam Demak dapat dilihat dan ditemukan dari berbagai aspek, diantaranya: Dewan guru, Siswa, Sarana dan prasarana, Waktu penerapan serta dari segi lingkungan sekolah. Selain itu, pada penelitian ini juga dilengkapi dengan uraian tentang implementasi kurikulum pesantren sebagai bentuk kegiatan keagamaan yang memang telah lama diterapkan di SMK Islam Al-Fadhila Wonosalam Demak. Berbagai bentuk kegiatan keagamaan pada kurikulum pesantren ini dilaksanakan dengan baik dan secara konsisten serta istiqomah oleh seluruh warga sekolah tanpa terkecuali. Sehingga dapat dikatakan bahwa kurikulum pesantren tersebut telah menjadi tradisi atau adat kebiasaan yang ada di SMK Islam Al-Fadhila Wonosalam Demak. Selanjutnya peneliti menemukan data-data yang sesuai antara teori dan hasil kondisi lapangan bahwasannya implementasi kurikulum pesantren yang diterapkan dapat meningkatkan kompetensi kepribadian pada siswa di SMK Islam Al-Fadhila Wonosalam Demak diperkuat dengan adanya bukti hasil dokumentasi kurikulum pesantren yang disertakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Pesantren, Kompetensi Kepribadian Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Jan 2023 07:43
Last Modified: 30 Jan 2023 07:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8211

Actions (login required)

View Item View Item