Ristiyanti, Ristiyanti (2022) Upaya Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spititual Siswa Melalui Program Menghafal Al-Qur’an Di Madrasah Aliyah Mu’allimin-Mu’allimat Rembang. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER OKE.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (70kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (80kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (141kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (370kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (99kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (220kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (74kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (77kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui upaya guru tahfidz meningkatkan kecerdasan spiritual siswa melalui program menghafal Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Mu’allimin-Mu’allimat Rembang. (2) Untuk mengetahui dampak guru meningkatkan kecerdasan spiritual melalui program menghafal Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Mu’allimin-Mu’allimat Rembang.(3) Untuk mengetahui hambatan-hambatan yang mempengaruhi guru meningkatkan kecerdasan spiritual siswa melalui program menghafal Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Mu’allimin-Mu’allimat Rembang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Penulis mengambil lokasi di Madrasah Aliyah Mu’allimin-Mu’allimat Rembang. Subjek penelitian itu adalah guru tahfidz, siswa dan waka madrasah. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Objek keabsahan datanyaa menggunakan beberapa cara yakni pengamatan, tringulasi dan juga menggunakan bahan refrensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Upaya Guru Tahfidz Dalam meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Dengan Program Menghafal Al-Qur’an di MA Mu’allimin-Mu’allimat Rembang adalah memiliki empat upaya yaitu: Guru Memberikan Motivasi kepada Siswa, Membimbing para siswa untuk tetap muraja’ah, Hukuman dan Tugas Kepada Siswa, Menggunakan Metode Yang bervariasi dan mempunyai peran guru meliputi guru sebagai pendidik, guru sebagai pengajar, guru sebagap pembombing, guru sebagai pengarah, guru sebagai pelatih, guru sebagai evaluator (2) Dampak Guru Meningkatkan Kecerdasan spiritual Siswa Melalui Program Menghafal Al-Qur’an adalah meliputi kecerdasan intelektual terutama kaitanya dengan mengasah kecerdasan, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. (3) Hambatan-Hambatan Yang mempengarui Guru Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa. Meliputi adanya siswa yang malas ketika menghafal al-Qur’an, Siswa belum belum bisa menghafal atau membaca Al-Qur’an, Motivasi yang kurang terhadap siswa ketika menghafal Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru, Meningkatkan Kecerdasan, Program Menghafal. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 06:31 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 06:31 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8216 |
Actions (login required)
View Item |