Anggraini, Aulia Ulfa (2022) Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw sebagai Upaya Pembentukan Kompetensi Critical Thinking pada Mata Pelajaran Fikih di MAN 2 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (367kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (200kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (574kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (494kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (739kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (369kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (396kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari perkembangan abad 21 yang mengutamakan kompetensi 4C untuk pencapaian peserta didik dalam belajar, dimana pembelajaran rumpun Pendidikan Agama Islam khususnya mata pelajaran Fikih kurang mendapatkan perhatian lebih terkait metode pembelajaran yang digunakan. Hal tersebut menjadikan beberapa peserta didik kurang mendapatkan kompetensi yang diharuskan dimiliki pada abad 21. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan secara deskriptif tentang model pembelajaran cooperative learning tipe Jigsaw sebagai upaya pembentukam kompetensi critical thinking pada mata pelajaran Fikih di MAN 2 Kudus. MAN 2 Kudus menjadi lokasi penelitian dikarenakan Kementrian Agama telah menyatakan bahwa MAN 2 Kudus adalah sebuah madrasah dengan percontohan kurikulum dan sumber daya yang berkualitas. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah guru pengampu mata pelajaran Fikih dan peserta didik di MAN 2 Kudus. Data-data yang berkaitan dengan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw sebagai upaya pembentukan kompetensi critical thinking pada mata pelajaran Fikih di MAN 2 Kudus dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari tujuan yang telah direncanakan, maka diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa pembentukan kompetensi critical thinking dapat diwujudkan melalui model pembelajaran Jigsaw pada mata pelajaran Fikih. Adanya suatu model pembelajaran yang bervariatif menjadikan peserta didik lebih terlibat secara aktif dalam pembelajaran sesuai dengan indikator-indikator yang terdapat pada setiap kompetensi. Dalam pelaksanaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu waktu pembelajaran dan pengontrollan kelas. Guru memegang peran yang sangat penting dalam keberhasilan model pembelajaran yang diimplementasikan pada peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Jigsaw, Kompetensi Critical Thinking, dan Mata Pelajaran Fikih |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 01 Feb 2023 02:35 |
Last Modified: | 01 Feb 2023 02:35 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8240 |
Actions (login required)
View Item |