Strategi Guru Menangani Kesulitan Belajar Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Nurul Ittihad Kecamatan Wedung Kabupaten Demak

Kholidah, Afini (2022) Strategi Guru Menangani Kesulitan Belajar Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Nurul Ittihad Kecamatan Wedung Kabupaten Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (286kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (413kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (695kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (334kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (668kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (272kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (380kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran IPS, untuk mengetahui strategi guru IPS dalam menangani kesulitan belajar IPS di MTs Nurul Ittihad Kecamatan Wedung Kabupaten Demak dan untuk mengetahui evaluasi penerapan strategi guru menangani kesulitan belajar dalam pembelajaran IPS di MTs Nurul Ittihad Kecamatan Wedung Kabupaten Demak. Jenis penelitian yang hendak peneliti pakai adalah jenis penelitian kualitaif studi kasus. Penelitian studi kasus pada umumnya mempelajari secara optimal seorang individu atau kelompok yang dilihat mengalami masalah tertentu. Penelitian ini memakai pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan analisis data melalui reduksi, penyajian dan verifikasi data, yang sudah ditemukan oleh Miles and Huberman bahwa dalam analisis datanya menggunakan model interaksi dan berlangsung secara terus menerus sampai selesai, sehingga datanya sudah jenuh. Hasil penelitian ini memperoleh tiga temuan yakni: 1) faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa adalah faktor internal dan eksternal, faktor internal yang berasal dari dalam siswa yakni fisiologi yang mencakup: sakit dan kurang sehat. Psikologis mencakup: tidak ada bakat, kurang minat dalam belajar, dan motivasi belajar. Sedangkan faktor eksternal yakni yang berasal dari luar siswa seperti: faktor lingkungan keluarga dan faktor lingkungan sekolah. 2) Strategi guru yang digunakan untuk mengatasi kesulitan belajar yakni strategi inquiri, ekspositori, kooperatif dan program remedial. Inkuiri disini memiliki arti kegiatan pembelajaran yang menekankan pada cara berfikir secara analistis dan kritis, ekspositori merupakan strategi yang menekankan pada cara penyampaian informasi melalui lisan atau verbal, sedangkan kooperatif yang menekankan pada bentuk kelompok kecil, dan program remedial disini yakni menekankan pada program perbaikan siswa. 3) evaluasi penerapan strategi guru menagani kesulitan belajar dalam pembelajaran IPS di MTs Nurul Ittihad Wedung yakni guru IPS di MTs Nurul Ittihad sudah menggunakan strategi Inkuiri, Ekspositori, Kooperatif dan program remedial dengan baik dan sesuai dengan langkah-langkah, guru menggunakan metode pembelajaran dengan penyesuaian materi mata pelajaran IPS, dan pada program remedial disini merupakan cara terakhir dalam menangangi kesulitan siswa, dengan cara siswa mengikuti ujia remedial yang sudah diarahkan oleh guru mata pelajarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi guru, faktor-faktor dan kesulitan belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Feb 2023 03:00
Last Modified: 01 Feb 2023 03:00
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8245

Actions (login required)

View Item View Item