Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Terhadap Pembiayaan Di BMT Muamalat Limpung Kabupaten Batang

Fauziah, Lia Fauziah (2022) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Terhadap Pembiayaan Di BMT Muamalat Limpung Kabupaten Batang. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (489kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (673kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (381kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (695kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (342kB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi bahwa minat nasabah terhadap produk lembaga keuangan syariah, khususnya pembiayaan pada BMT Muamalat Limpung Batang dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya yaitu faktor produk, faktor promosi dan faktor pelayanan. Pembiayaan merupakan salah satu produk BMT Muamalat Limpung dan merupakan aktivitas terpenting yang selalu digunakan dalam BMT Muamalat Limpung Batang. Penelitian ini bertujuan untuk, Pertama, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah terhadap pembiayaan di BMT Muamalat Limpung Batang. Kedua, untuk mengetahui faktor paling dominan diantara beberapa faktor yang mempengaruhi minat nasabah terhadap pembiayaan di BMT Muamalat Limpung Batang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) pendekatan kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah primer. Pihak yang menjadi sumber data adalah pimpinan cabang, kepala bagian pembiayaan, bagian operasional dan nasabah pembiayaan di BMT Muamalat. Dan data sekunder yang menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi di BMT Muamalat Limpung Batang dengan mempelajari pada referensi yang memiliki hubungan dengan pembiayaan. Hasil penelitian ini, pertama, Faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah terhadap pembiayaan di BMT Muamalat Limpung Batang dipengaruhi tiga faktor yaitu faktor produk, faktor promosi dan faktor pelayanan. Kedua, faktor yang paling dominan mempengaruhi minat nasabah terhadap pembiayaan di BMT Muamalat Limpung Batang yaitu faktor pelayanan. Untuk bentuk pelayanan yang diberikan BMT Muamalat Limpung Batang kepada nasabah sesuai standar pelayanan yang ramah-tamah, sikap sopan dan santun dari karyawan kepada nasabah, mengerti karakter nasabah, hal tersebut bisa menyesuaikan ketika memberikan pelayanan, menghargai nasabah, tidak memakai nada tinggi dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami, penampilan rapi dan menarik, memberikan informasi yang dibutuhkan nasabah dan pelayanan yang diberikan harus cepat serta tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Analisis Faktor, Minat Nasabah, Pembiayaan BMT Muamalat Limpung Batang
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Mu`alamat
Fiqih, Hukum Islam > Mu`alamat > Bank, termasuk Baitul Mal wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Feb 2023 06:41
Last Modified: 01 Feb 2023 06:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8250

Actions (login required)

View Item View Item