Desain Proyek Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Proses Sains Dalam Perakitan Constructed Wetland Untuk Fitoremediasi Limbah Domestik

Munir, Mohamad Misbahul (2022) Desain Proyek Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Proses Sains Dalam Perakitan Constructed Wetland Untuk Fitoremediasi Limbah Domestik. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (442kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (892kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (760kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (345kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB)

Abstract

Setiap siswa dituntut untuk memiliki berbagai keterampilan untuk menghadapi persaingan yang terjadi pada era globalisai seperti saat ini. Salah satu jenis keterampilan yang perlu dikembangkan oleh siswa untuk mengkontruksi pengetahuannya ialah keterampilan proses sains. Namun dari hasil penelitian yang telah dilakukan, keterampilan proses sains yang dimiliki siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Pembelajaran berbasis proyek diharapkan dapat melatihkan keterampilan proses sains pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa desain proyek pembelajaran berorientasi keterampilan proses sains yang terdiri atas desain constructed wetland untuk fitoremediasi limbah domestik serta panduan proyek berorientasi keterampilan proses sains. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D) dengan prosedur pengembangan 4D yang yang disederhanakan menjadi 3D yaitu (Define, Design and Develop). Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan data kuantitaif. Data kualitatif diperoleh melalui hasil analisis proses desain constructed wetland untuk fitoremediasi limbah domestik sebagai proyek pembelajaran dan analisis proses desain panduan proyek pembelajaran berorientasi keterampilan proses sains. Data kuantitaf diperoleh melalui hasil penilain validasi terhadap potensi kelayakan desain proyek pembelajaran yang dilakukan oleh 3 Dosen selaku ahli desain dan 3 Guru IPA selaku ahli materi dengan menggunakan instrumen pengumpul data berupa lembar angket validasi. Berdasarkan hasil penilaian didapatkan hasil penilain validasi oleh ahli desain dengan presentase sekor 97,82%, serta penilaian ahli materi dengan presentase skor 97,82%. Secara umum desain proyek pembelajaran yang telah dirancang memperoleh penilaian dengan kriteria sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Desain Proyek Pembelajaran, Keterampilan Proses Sains, Constructed Wetland dan Fitoremediasi
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Feb 2023 01:58
Last Modified: 02 Feb 2023 01:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8262

Actions (login required)

View Item View Item