Pengaruh Peer Lesson Berbasis Poster dan Media Sosial Terhadap Literasi Sains Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI Di MA Sultan Agung Pati

Humaidah, Betty Nur (2022) Pengaruh Peer Lesson Berbasis Poster dan Media Sosial Terhadap Literasi Sains Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI Di MA Sultan Agung Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (295kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (382kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (734kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (851kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (785kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (551kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (296kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (510kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan strategi peer lesson berbasis poster dan media sosial pada materi sistem ekskreksi kelas XI di MA Sultan Agung Pati tahun pelajaran 2021/2022. 2) Seberapa tingkat literasi sains peserta didik kelas XI di MA Sultan Agung Pati tahun pelajaran 2021/2022. 3) tingkat pengaruh penerapan peer lesson berbasis poster dan media sosial terhadap literasi sains pada materi sistem ekskresi kelas XI di MA Sultan Agung Pati tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian yaitu pretest dan posttest control group design. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA di MA Sultan Agung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 1 dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data yaitu dengan menggunakan tes literasi sains materi sistem ekskresi dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Penerapan strategi peer lesson berbasis poster dan media sosial pada materi sistem ekskesi kelas XI di MA Sultan Agung tahun pelajaran 2021/2022 yaitu dimulai dengan kegiatan pendahuluan dengan membagi peserta didik menjadi kelompok sesuai segmen materi sistem ekskresi. Kegiatan inti yaitu peserta didik menyampaikan materi sesuai dengan topik materi yang sudah ditentukan dengan menggunakan media poster di Instagram yang pendidik sediakan dan membuat sesi diskusi tanya jawab. Kegiatan penutup yaitu dengan memberikan klasifikasi dan kesimpulan terkait materi sistem ekskresi kepada peserta didik. Kedua, hasil literasi sains peserta didik pada kelas eksperimen di MA Sultan Agung Pati dengan menggunakan strategi peer lesson berbasis poster dan media sosial pada materi sistem ekskresi memperoleh nilai rata-rata pretest 38,83 dan posttest 83,17 serta nilai N-Gain sebesar 0,73 dengan kategori tinggi. Sedangkan hasil literasi sains peserta didik pada kelas kontrol dengan media power point memperoleh nilai rata-rata pretest 33,83 dan posttest 77,33 serta nilai N-Gain sebesar 0,66 dengan kategori sedang. Ketiga, hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,006, dengan nilai α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) < α, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Pada penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil literasi sains peserta didik dengan menggunakan strategi peer lesson berbasis poster dan media sosial pada materi sistem ekskresi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peer Lesson, Poster Berbasis Media Sosial, Literasi Sains
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Feb 2023 02:05
Last Modified: 02 Feb 2023 02:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8264

Actions (login required)

View Item View Item