Integrasi Lembaga TPQ dan MTs dalam Meningkatkan Kualitas Kemampuan Baca Al-Qur’an pada Siswa MTs Manbaul Ulum Sinoman Pati

Masykuroh, Alfina (2022) Integrasi Lembaga TPQ dan MTs dalam Meningkatkan Kualitas Kemampuan Baca Al-Qur’an pada Siswa MTs Manbaul Ulum Sinoman Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (467kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (292kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (588kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (912kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (411kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (570kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (291kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (475kB)

Abstract

TPQ memanglah sangat penting untuk meningkatkan kualitas kemampuan membaca Al-Qur’an, maka dari itu MTs Manbaul Ulum menerapkan lembaga TPQ, supaya siswa yang lulus dari MTs Manbaul Ulum fasih dan tartil dalam membaca Al-Qur’an tidak hanya sekedar bisa, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang cara menerapkan konsep integrasi lembaga antara TPQ dan MTs dalam meningkatkan kualitas kemampuan baca Al-Qur’an pada siswa MTs Manbaul Ulum Sinoman Pati, sistem pembelajaran yang diterapkan TPQ pada siswa MTs Manbaul Ulum Sinoman Pati, dan metode yang digunakan dalam pembelajaran TPQ pada siswa Manbaul Ulum Sinoman Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field research atau penelitian lapangan di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Manbaul Ulum Sinoman Pati. Subyek penelitiannya yaitu Ustadz dan Ustadzah dan siswa TPQ Manbaul Ulum Sinoman Pati.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, uji keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Selanjutnya data dianalisis menggunakan dengan menggunakan empat langkah diantaranya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Integrasi lembaga TPQ dan MTs dalam meningkatkan kualitas kemampuan baca Al-Qur’an pada siswa MTs Manbaul Ulum Sinoman Pati dengan atas keinginan Yayasan Manbaul Ulum yaitu bapak K.H Malik Abdul Aziz beliau berkeinginan Madrasah Manbaul Ulum ini mendirikan TPQ sendiri agar menjembatani siswa dalam membaca Al-Qur’an tidak hanya sekedar bisa tetapi fashih dan mendekati sempurna, pelaksanaannya dimulai pukul 06.30-07.45 WIB. Setelah selesai pembelajaran TPQ dilanjut dengan KBM yang dimulai pada pukul 08.00 WIB. Indikator TPQ yaitu melafadzkan huruf hijaiyah secara sambung, siswa Membaca Al-Qur’an dengan lancar dan dartil, ketepatan membaca Al-Qur’an sesuai dengan ilmu tajwid. 2) Dalam sistem pembelajaran yang diterapkan TPQ pada siswa Manbaul Ulum yaitu klasikal yang terdiri dari klasikal besar dan lasikal praga, sedangkan sistem pembelajaran di kelas yaitu, 15 menit praga awal, 30 menit individual, dan 15 menit praga ulang. 3) Metode yang digunakan dalam pembelajaran TPQ Manbaul Ulum Sinoman Pati yaitu menggunakan metode Qiraati Ustadz dan Ustadzah yang mengajar harus bersyahadah yang menguasai materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Integrasi, Lembaga, TPQ, MTs, Kualitas Kemampuan Baca Al-Qur’an
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Feb 2023 02:24
Last Modified: 03 Feb 2023 02:24
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8296

Actions (login required)

View Item View Item