fa'aliyah istikhdam altiqniyah alnamudhajiyah "Pattern Drill" litarqiyah 'iitqan maharah alkalam fii almadrasah almutawasithah al'islamiyah albanat alqudsyah biquds

Nabilla, Nisa’ Hudani (2022) fa'aliyah istikhdam altiqniyah alnamudhajiyah "Pattern Drill" litarqiyah 'iitqan maharah alkalam fii almadrasah almutawasithah al'islamiyah albanat alqudsyah biquds. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (765kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (604kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (526kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (629kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (912kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (941kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (911kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (546kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (379kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui bagaimana penguasaan maharah kalam di Madrasah Tsanawiyyah Qudsiyyah Putri, kedua untuk mengukur dan mengetahui sejauh mana keefektivitasan penggunaan teknik pattern drill dalam pembelajaran maharam kalam di Madrasah Tsanawiyyah Qudsiyyah Putri. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif eksperimen. Adapun populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs Qudsiyyah Putri dengan sampel sebanyak 76 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, eksperimen dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis Independet Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pembelajaran maharah kalam dengan menggunakan teknik patter drill pada kelas ‎eksperimen memiliki hasil posttest yang lebih tinggi dari pada kelas control yang tidak ‎diberikan teknik pattern drill. Dengan demikian, terdapat pengaruh penggunaan teknik ‎pattern drill dalam meningkatkan penguasaan maharah kalam pada kelas 9 di ‎madrasah tsanawiyyah qudsiyyah putri kudus. Hal ini dibuktikan peneliti melakukan Uji T atau Uji Independent Sample T-Test dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 26 dan pada Equal Variance ‎Assumed Uji T menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000. Disimpulkan bahwa nilai ‎sig (2-tailed) 0,000 < 0,005 atau 0,000 lebih kecil dari 0,005. Berdasarkan uji hipotesis ‎tersebut, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik Pattern Drill dalam pembelajaran maharah kalam efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Qudsiyah Putri Kudus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Pattern Drill, Maharah Kalam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Feb 2023 02:40
Last Modified: 03 Feb 2023 02:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8297

Actions (login required)

View Item View Item