Problematika Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di MTs Hidayatul Mustafidn Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022

Robikhan, Ahmad (2022) Problematika Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di MTs Hidayatul Mustafidn Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img] Text
3. DARTAR ISI.pdf

Download (316kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (248kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (361kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (180kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (591kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (212kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)

Abstract

Dalam pelaksanaannya peneliti ingin meneliti tentang masalah apa saja yang terjadi saat pelaksanaan pembelajaran daring berlangsung di MTs Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus, terutama pelajaran IPS, adapun rumusan masalah penelitian ini ialah bagaimana penerapan pembelajaran dalam jaringan pada mata pelajaran IPS di MTs Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus?, bagaimana problematika dan solusi pembelajaran daring pada mata pelajaran IPS di MTs Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian field research atau penelitian lapangan yang disajikan secara deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dari observasi, wawancara dari kepala sekolah, guru IPS, Wakakurikulum dan siswa kelas VIII serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, pelaksanaan pembalajaran daring mata pelajaran IPS dibagi dalam tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaa, dan evaluasi. Kedua, problematika pembelajaran daring mata pelajaran IPS yang terjadi di MTs Hidayayul Mustafidin yaitu masalah geografis/letak, kompetensi guru, tinkat pemahaman siswa dan sarana prasarana. Solusi alternatif bari permasalahan tersebut adalah untuk tugas bisa dikumpulkan lngsung ke sekolah, melakukan pelatihan kompetensi guru terutama penggunaan media pembelajaran, memahami karakter siswa agar proses pembelajaran daring bisa maksimal, memberikan kelonggaran siswa untuk pengumpulan tugas yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Pembelajaran Daring, IPS
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Feb 2023 01:39
Last Modified: 08 Feb 2023 01:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8362

Actions (login required)

View Item View Item