Pengaruh Permainan Konstruktif Lego Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia 2-3 Tahun Di PAUD-Qu Ittihadul Ummah Jekulo Kudus

Hidayanti, Hidayanti (2022) Pengaruh Permainan Konstruktif Lego Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia 2-3 Tahun Di PAUD-Qu Ittihadul Ummah Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (609kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (417kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (418kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (508kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (530kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (268kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB)

Abstract

Permainan konstruktif lego merupakan permainan yang dapat membangun kreativitas anak dengan menggunakan jenis alat permainan edukatif bongkar pasang yang terdiri dari berbagai warna dan bentuk balok kemudian disusun berdasarkan imajinasi dan kreativitas anak. Sedangkan kemampuan kognitif merupakan kemampuan yang berhubungan tentang bagaimana anak dapat memproses pikiran dalam mengingat, menyelesaikan masalah, dan mengambil kebijakan. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah permainan lego dapat mengembangkan kemampuan kognitif pada anak usia 2-3 tahun di PAUD-QU Ittihadul Ummah Jekulo Kudus atau tidak. Penelitian ini dilakukan di PAUD-QU Ittihadul Ummah Jekulo Kudus pada kelas KB A dengan rentang usia 2-3 tahun yang berjumlahkan 9 anak. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan metode eksperimen dengan menggunakan desain one pretest-posttest. Adapun pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat adanya perkembangan kemampuan kognitif yang signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan dengan menggunakan permainan konstruktif lego pada anak yang mana pada hasil pretest dan posttest menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang artinya nilai tersebut < 0,05 maka berdasarkan ketentuan dalam pengambilan kesimpulan menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan rata-rata antara hasil pretest dengan hasil posttest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan perkembangan kemampuan kognitif pada anak yang terdapat pada hasil pretest dan posttest melalui permainan konstruktif lego pada anak usia 2-3 tahun di PAUD-Qu Ittihadul Ummah Jekulo Kudus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Permainan Konstruktif Lego, Kemampuan Kognitif
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Feb 2023 01:43
Last Modified: 08 Feb 2023 01:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8364

Actions (login required)

View Item View Item